Festival Nan Jombang tgl 3 adalah bentuk dedikasi tanpa batas dari Nan Jombang Dance Company untuk kesenian tradisi. Nan Jombang Dance Company hingga penyelenggaraan tahun ke-6 ini selalu memenuhi janji untuk memberi apresiasi bagi kesenian tradisi yang ada di Sumatera Barat dan Minangkabau khususnya. Setelah perjalanan panjang tahun 2018 ini kegiatan Festival Nan Jombang tgl 3 didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, Komisi V DPRD Sumbar, dan Dinas Kebudayaan Sumbar.

Bulan ini, seperti bulan-bulan sebelumnya Festival Nan Jombang tgl 3 kembali menampilkan kesenian randai yang berasal dari Nagari Pakan Rabaa Tengah, Jorong Balun, Sungai Ipuah. Sanggar Seni Nagari Pakan Rabaa merupakan grup seni tradisi yang didirikan pada tahun 2017. Menurut Bapak Sal Manir, selaku pimpinan, sanggar ini didirikan karena keberadaan kesenian yang ada di nagari Pakan Rabaa sudah tidak dilestarikan lagi. Atas kenyataan yang demikian maka sanggar ini didirikan dan diharapkan mampu menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap kesenian tradisi.

Sanggar Seni Nagari Pakan Rabaa , pada Festival Nan Jombang tgl 3 bulan Mei ini akan membawakan cerita Rambun Pamenan. Rambun Pamenan menceritakan tentang seorang anak yang membalaskan dendam kedua orang tuanya. “Rambun Pamenan adalah seorang anak yang di tawan Rajo Angek Garang” begitu penuturan bapak Sal Manir saat menceritakan tentang randai Rambun Pamenan.

Pertunjukan randai kali ini akan berbeda dari pertunjukan randai sebelumnya yang ditampilkan di Festival Nan Jombang tgl 3. Sanggar Seni Pakan Rabaa akan menampilkan para pemain randai dengan menggunakan “karung”. Sal Manir mengungkapkan bahwa sesungguhnya celana randai ini menggunakan karung bukan galembong seperti randai pada umunya. Selain itu tari piring juga  akan ditampilkan terpisah dari pertunjukan randai. Randai Rambun Pamenan akan didukung oleh 28 orang yakni 6 pemusik dan 22 orang pada legaran randai.

Keunikan dari pertunjukan yang akan di bawakan oleh Sanggar Seni Pakan Rabaa  yang kental dengan kesenian tradisi dari Jorong Balun Sungai Ipuah ini dapat di saksikan pada hari Kamis, 3 Mei 2018 nanti.  Silakan datang dan nikmati pertunjukan mereka di Ladang Tari nan Jombang tepatnya di belakang perumahan POLDA, Balai Baru, Padang pada pukul 20:00 WIB.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *