Setiap tanggal 3 setiap bulannya pada tahun 2018, komunitas Galombang Minangkabau yang berada dibawah payung Nan Jombang Grup akan mengundang sanggar-sanggar kesenian tradisi di Sumatera Barat yang telah dikurasi terlebih dahulu untuk menampilkan randai dan tari piring di Festival Nan Jombang Tanggal 3 (FNJT3).

Grup randai Mustika Minang II berhasil memukau penonton pada FNJT3 sebelumnya (3 Februari 2018) dengan membawakan cerita randai yang berjudul Anggun Nan Tongga. Keberhasilan grup ini tidak hanya karena kekompakan para pemain, tapi juga tidak lepas dari bagaimana sutradara memadukan beberapa kesenian tadisi dari daerah pariaman seperti tari piring, ulu ambek dan dampiang didalam garapannya. Sehingga pertunjukan randai tersebut menjadi komplit dan memberikan cita rasa pesisirnya.

Pada bulan ketiga ini, tepatnya pada 3 maret 2018 FNJT3 akan kembali menghadirkan pertunjukan randai dan tari piring. Bila pada pertunjukan sebelumnya tari piring disatukan kedalam garapan randai, namun kali ini pertunjukan tari piring dihadirkan terpisah. Dua pertunjukan tersebut akan disajikan oleh  Sanggar Gombang Alam dari Kota Solok.

Sanggar Gombang Alam yang dipimpin oleh Charles Saputra, S.Sn ini didirikan pada tahun 2012. Hingga saat ini Sanggar Gombang Alam telah mengikuti beberapa pelombaan dan festival baik di tingkat daerah dan juga nasional. Beberapa diantaranya adalah mengikuti Festival Kebudayaan Rakyat di Bandung pada 2016 dan juga mendapatkan juara ke dua di Polda Sumbar pada kejuaraan antar Polres Sumatera Barat pada tahun 2017.

Cerita randai yang akan dibawakan oleh Sanggar Gombang Alam berjudul Gombang Alam Sariameh. Serupa tapi tak sama dengan pertunjukan randai sebelumnya, randai kali ini akan dihadirkan dengan paduan kesenian tradisi dari Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok, “ kami memasukkan beberapa kesenian tradisi dari Kabupaten Solok di dalam garapan, yaitu dasar tari adok dan ratok paninggahan”, ungkap Charles selaku sutradara yang berasal dari nagari Paninggahan. Tidak hanya randai, tari piring yang dibawakan pun akan berbeda dengan tari piring kebanyakan, “ tari piring juga akan kami tampilkan, tapi tari piring yang kami bawakan akan sedikit berbeda dari tari piring kebanyakan, karena kami akan menampilkan tari piring khas paninggahan”, lanjut Charles.

Bila penasaran dengan penampilan dari Sanggar Gombang Alam dari Kota Solok ini dan kental dengan kesenian tradisi dari Nagari Paninggahan Kabupaten Solok. Silahkan datang dan nikmati pertunjukan mereka pada tanggal 3 Maret 2018 tepatnya pukul 20:00 WIB di Ladang Tari nan Jombang di belakang perumahan POLDA, Balai Baru, Padang.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *