Sebelumnya pada tanggal 3 Januari 2018 Festival Nan Jombang Tanggal 3 telah resmi dibuka. Acara yang memasuki tahun ke 6 penyelenggaraannya ini akan menghadirkan randai dan tari piring sepanjang tahun 2018. Penampilan pertama pada perhelatan festival ini telah menghadirkan grup randai Buluah Sonsang dari Padang. Selanjutnya bulan Februari Festival Nan Jombang Tanggal 3, akan menghadirkan randai dari Kota Pariaman yaitu grup randai Mustika Minang II.

Grup Mustika Minang II didirikan pada tahun 2011 dipimpin oleh  Eka Fitria, S.Sn. Grup ini telah tampil di berbagai event di tingkat provinsi ataupun nasional. Beberapa diantaranya adalah tampil dalam event pameran kerajinan tangan Indonesia Handycraft Trade Fair(INACRAFT) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada tahun 2016 dan menjadi juara ke dua dalam Festival Randai se Sumatera Barat pada tahun 2017.

Pada Festival Nan Jombang Tgl 3 bulan Februari ini mereka akan  membawakan randai dengan judul cerita Anggun Nan Tongga,  merupakan salah satu kaba yang berasal dari Sumatera Barat tepatnya di daerah pasisia (pesisir) yang disadur ke dalam naskah randai. Untuk lebih mendapatkan aroma pesisirnya, mereka tidak hanya menghadirkan cerita yang berangkat dari kaba daerah pesisir saja, melainkan juga akan memasukkan sentuhan dampiang-salah satu seni vokal tradisi dari daerah Pariaman- di dalam garapannya. “dalam garapan ini  saya memasukkan sentuhan dampiang dalam beberapa legaran yang dimainkan, walaupun tidak pada seluruh legaran, namun setidaknya ini lebih memberikan ciri khas Pariaman nya”, tegas Junaidi selaku sutradara dan penulis naskah.

Dan Grup randai yang akan hadir selama perhelatan Festival Nan Jombang Tanggal 3 tahun 2018 adalah grup-grup yang dipilih oleh tim kuratorial. “Kita mengkurasi seluruh grup randai yang ada di Sumatera Barat dengan lebih ketat. Tujuannya agar memotivasi grup-grup lain agar lebih giat dan tidak berhenti berproses”, kata  Ery Mefri selaku sebagai ketua kurator sekaligus Pimpinan Nan Jombang Grup.

Bagaimanakah keseruan penampilan randai yang identik dengan khas pesisir nya ini?. Jangan sampai melewatkan penampilan mereka di Festival Nan Jombang Tanggal 3 pada hari Sabtu, 3 Februari 2018  pukul 20:00 WIB bertempat di Ladang Tari Nan Jombang belakang perumahan POLDA Balai Baru, Padang.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *