Di Bawah Geologi : Asal Usul Supernatural Jembatan Adam

- May 4, 2022 | 2:56 pm
Jembatan Adam dari udara (PlaneMad / )
Jembatan Adam dari udara (PlaneMad / )

Jembatan Adam, atau Ram Setu, adalah tempat suci bagi umat Hindu. Disebut dalam mitologi Hindu dan juga dalam teks-teks Islam awal, itu adalah jembatan darat yang diduga dapat dilalui antara Sri Lanka dan anak benua India. Teks-teks Muslim awal menyatakan bahwa jembatan itu dibangun untuk memungkinkan Adam menyeberang ke India dan melarikan diri dari pulau tempat ia jatuh ke bumi setelah pengusirannya dari Taman Eden.

Namun, bagi umat Hindu itu adalah struktur buatan, pencapaian manusia super seperti yang disebut Discovery Channel, dibangun oleh dewa. Ada banyak bukti bahwa ini memang jembatan darat melintasi selat antara Sri Lanka dan India di masa lalu geologis baru-baru ini. Mungkinkah itu dibangun oleh tangan sesuatu yang lebih dari sekadar manusia?

Ram Setu

Dalam mitologi Hindu, buku Ramayana menceritakan bahwa Dewa Rama, makhluk tertinggi telah membangun jembatan ini dengan tujuan untuk mengalahkan Raja Iblis Rahwana yang jahat. Raja jahat menahan istri Rama, Sita, di pulau bentengnya di Lanka (yang dinamai Sri Lanka), tak tergoyahkan di seberang lautan.

Pasukan kera Rama, makhluk hutan mitologis yang setia kepada raja mereka, membantu Rama membangun jembatan darat yang besar yang menuju ke benteng tempat Sita ditahan. Makhluk Mirip Kera , yang dikenal sebagai Varana, kemudian membantu Rama merebut benteng dan mengalahkan Rahwana.

Umat ​​Hindu percaya bahwa jembatan itu bertahan hingga hari ini, dan memang ada rantai beting batu kapur yang terletak di antara Tamil Nadu dan Pulau Pamban . Panjang total jembatan ini sekitar 48km (30 mil), membentang antara Selat Palk dan Teluk Mannar di lepas pantai tenggara India.

Tergantung pada cuaca, beberapa area di jalan lintas ini dapat naik sepenuhnya di atas ombak, dan kedalaman laut di dalam bentangan itu tidak lebih dari 3 kaki (1 meter). Keberadaan jembatan yang dapat dilintasi antara dua daratan ini, yang terbentang di seberang lautan dalam di kedua sisinya, tampaknya hampir mustahil untuk dipercaya.

Lainnya  Mengapa Beberapa Orang Terus Percaya Elvis Presley Masih Hidup

tidak dapat berlayar melalui bentangan ini karena akan merusak diri mereka sendiri di perairan yang dangkal, sebaliknya dipaksa untuk memetakan jalur yang lebih luas atau berisiko kandas. Dan sebenarnya jembatan itu tampaknya lebih tinggi di masa lalu yang relatif baru, dengan catatan abad ke-15 mencatat bahwa jalan lintas itu mudah dilewati. Tetapi dengan berlalunya waktu dan badai, lorong itu semakin dalam, dan batu-batu itu tenggelam di dalam lautan.

Proses yang mengarah pada pembentukan Jembatan Adam masih kurang dipahami (THK / )
Proses yang mengarah pada pembentukan Jembatan Adam masih kurang dipahami (THK / )

Catatan pertama jembatan darat datang ke barat dari buku ahli geografi persia Khordabeh, The Book of Roads and Kingdoms , yang ditulis sekitar tahun 850 Masehi. Buku tersebut menyebut jembatan ini sebagai Bridge of the Seas atau “Set Bandhai”. Nama yang lebih dikenal datang jauh kemudian, dengan peta paling awal yang merujuknya sebagai “Jembatan Adam” yang berasal dari Kartografer inggris sekitar tahun 1804.

Asal Usul Jembatan Adam

Nama Jembatan Adam, seperti yang digunakan dalam peta Inggris, berasal dari teks-teks yang mengacu pada mitos penciptaan Adam dan Hawa. dalam teks-teks ini, setelah pengusirannya dari surga Adam jatuh ke bumi di tempat yang dikenal sebagai Puncak Adam di Sri Lanka. Dari sana ia pergi ke India.

Tapi ceritanya tidak jelas dan kontradiktif, dengan beberapa orang mengatakan bahwa Adam menyeberangi jembatan untuk datang ke Sri Lanka dan bukan India. Dalam beberapa buku dan cerita, Anda juga akan menemukan bahwa Adam diusir dari surga, dan dia langsung mendarat di jembatan. Dalam cerita-cerita ini, dia jatuh dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga dia mengganggu batu-batu di dasar laut, menciptakan jembatan.

Perselisihan antara kepercayaan Hindu, kepercayaan Islam dan penjelasan geologis berlanjut di sebagian besar sejarah India dan Sri Lanka. Akhirnya, pada abad ke-19, muncul dua teori umum tentang pembentukan struktur ini.

Lainnya  Emas Yamashita : Goa Harta Karun Filipina

Ada yang mengatakan bahwa jembatan ini mungkin terbentuk karena akumulasi sedimen di saluran sempit yang menyebabkan bagian itu tersumbat. Teori kedua menyatakan bahwa sebaliknya Sri Lanka mungkin telah menjadi bagian dari daratan India di masa lalu, sebelum perlahan-lahan berpisah.

Bahkan saat ini, dengan pemahaman modern kita tentang aksi tektonik dan geologi sedimen, tidak jelas apa yang menyebabkan pembentukan jembatan tersebut. Serangkaian rak batu kapur yang membentang di daratan bisa disebabkan oleh sejumlah proses teoretis, tetapi penyebab awal dari struktur yang menyebabkan akresi selanjutnya masih belum jelas.

Usia jembatan ini dihitung oleh para ahli saat ini paling lama 125.000 tahun. Meskipun di luar lingkup geologi, usia ini jelas tidak sesuai dengan usia jembatan yang disebutkan dalam Ramayana .

Namun, Profesor Universitas Bharathidasan SM Ramasamy melakukan tes pada tahun 2003. Dia menyimpulkan bahwa jembatan itu terbentuk karena perubahan arus laut yang terjadi sekitar 3.500 tahun yang lalu. Ini dari era Ramayana dan bagi banyak orang memberikan bukti kepada legenda yang mereka butuhkan.

Jembatan Adam dari udara (PlaneMad / )
Jembatan Adam dari udara (PlaneMad / )

Studi-studi ini menyimpulkan, berdasarkan usia formasi karang yang membentuk sebagian jembatan, bahwa bagian yang naik di atas ombak relatif baru. Namun, karang tampaknya telah terbentuk pada sedimen yang jauh lebih tua yang membentuk punggungan bawah air.

Seorang mantan direktur dari Geological Survey of India, S. Badrinarayanan, mengklaim bahwa pembentukan alami struktur seperti itu tidak mungkin. Dia membenarkan klaimnya dengan menyatakan keberadaan pasir lepas di bawah lapisan karang untuk seluruh bentangan.

Karang biasanya terbentuk di atas bebatuan dan bukan di atas lapisan pasir, karena mereka membutuhkan tanah yang kokoh untuk melekat. Karena itu, karang yang ditemukan di sini tidak terduga dan tidak dapat dijelaskan

Lainnya  Tombak Longinus : Apa yang terjadi dengan Tombak Suci?

Misteri Geologi dengan Jawaban Mitologis
Kepercayaan Hindu bahwa jembatan ini dibangun oleh Dewa Rama tetap kuat hingga hari ini. Usulan Pemerintah india untuk pengerukan jembatan untuk membuat kanal pelayaran yang disebut sebagai Sethusamudram pada tahun 2001 bertemu dengan oposisi Hindu yang kuat, memaksa pemerintah mundur.

Siapa yang tahu pemahaman baru tentang jembatan, atau pembentukannya, akan terungkap di masa depan. Mungkin, saat pemahaman kita tentang planet kita dan proses alam menjadi lebih canggih, jawaban tentang apa yang menyebabkan terciptanya jembatan akan muncul dari alam.

Tetapi sampai saat itu, jika Anda mencari jawaban atas misteri Jembatan Adam, tanyakan saja kepada seorang Hindu dan mereka akan dapat memberi tahu Anda.

Gambar Atas: Dewa Rama memerintahkan Varana untuk membangun jembatan darat untuk mencapai benteng Lanka. Sumber: Mrneutrino

Referensi

Kaur, S, 2017. Pertunjukan Sains Sensasional Mengklaim Ram Setu Adalah Buatan Manusia . Tersedia di: https://www.newsclick.in/sensationalist-science-show-claims-ram-setu-man-made – Surangya Kaur

Wikipedia, 2022. Jembatan Adam. Tersedia di: https://en.wikipedia.org/wiki/Adam%27s_Bridge

Bhalla, R, 2022. Batu Terapung Di Rameshwaram – Jembatan Adam . Tersedia di: https://www.adotrip.com/blog/the-floating-stones-of-rameshwaram-adams-bridge

Chadwick, I, 2014. Membongkar Jembatan Adam . Tersedia di: http://ianchadwick.com/blog/debunking-the-adam-bridge/

Sri Lanka Travel, 2022. Jembatan Adam – Jembatan Mitos di Atas Laut . Tersedia di: https://www.srilanka.travel/adam’s-bridge

Tags