Rizwan Kamel Masuk Golkar, Pengamat: Calon Presiden atau Wakil Presiden Alternatif Jika Airlangga Gagal Maju

NanjombangNews – Rizwan Kamel Masuk Golkar, Pengamat: Calon Presiden atau Wakil Presiden Alternatif Jika Airlangga Gagal Maju

Perusahaan TEMPODan Jakarta – Arifki Chaniago, Strategic Executive Director Aljabr, mengatakan masuknya Rizwan Kamel ke partai Golkar berdampak pada munculnya segmen baru pemilih, terutama pemilih junior dan muda. Selain itu, kata dia, partai Banyan akan memiliki calon presiden atau wakil presiden alternatif pada 2024 jika Presiden Jenderal Airlanga Hartarto gagal mencalonkan diri.

“Selain itu, Jawa Barat sebagai basis suara utama dalam pemilihan presiden akan menguntungkan Golkar atau calon presiden yang mengusungnya,” kata Arifki dalam keterangannya, Jumat, 20 Januari 2023.

Menurut Arifki, Ridwan Kamil alias Kang Emil memiliki nilai jual sebagai gubernur Jawa Barat. Ia menyebut basis suara Emile sangat menjanjikan sebagai capres dan cawapres. Namun, dia menegaskan kenaikan pangkat Emil tergantung keinginan Golkar.

Baca Juga: Ridwan Kamel Gabung Golkar, Peneliti SMRC: Kembalikan Dukungan di Jabar

“Kang Emil bisa menjadi pengganti Golkar pada 2024 jika Airlangga gagal mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden,” katanya.

Arefki menjelaskan, Partai Golkar pada Pemilu 2014 dan 2019 gagal mencalonkan kadernya untuk posisi presiden dan wakil presiden. Bahkan, Golkar menempati urutan kedua sebagai pemegang kursi terbanyak di DPR. Dia mengatakan, masuknya Emile ke Golkar memunculkan banyak kemungkinan yang akan mengubah persaingan Pilpres 2024.

Di sisi lain, mitra Golkar di Aliansi Indonesia Bersatu (KIB), khususnya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melihat sosok lain. Arifki mengatakan PAN sudah mulai menjalin hubungan lebih dekat dengan Menteri BUMN Erik Thuhir. Sementara itu, PPP menunggu Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Ono bergabung sebagai kader.

Dia mengatakan bahwa “panjangnya iklan calon presiden KIB dan konspirator membuat publik menganggap bahwa KIB identik dengan Ganjar atau tokoh populer baru lainnya”.

Karena itu, Arefiqi mengatakan KIB harus segera mengumumkan calon presiden dari Ketua Umum. Jika calon presiden KIB tidak yakin, penonton akan melihat KIB sebagai sekoci bagi karakter lain.

“Kalau lama memberikan kepastian ini kepada penonton, tentu publik akan percaya bahwa KIB akan menjadi wadah bagi Kang Emil, Erick Tohir, Sandiaga Uno bahkan Ganjar Pranowo,” kata Arefky.

Rizwan Kamel resmi bergabung dengan Partai Golkar pada Rabu 18 Januari 2023. Ia dicalonkan oleh Presiden Jenderal Airlangga Hartarto sebagai Wakil Presiden untuk menaikkan jumlah pemilih.

“Tadi Pak Airlangga sudah berbaik hati menempatkan saya sebagai wakil presiden saat pemilih muncul dan wakil ketua Bapplu,” kata Emil di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu, 18 Januari 2023.

Dengan posisi barunya itu, Emil menyebut keputusan Golkar yang mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai capres atau calon presiden 2024 akan tercatat di mana-mana.

“Saya cerewet soal keputusan organisasi. Jadi saya ceritakan di mana-mana keputusan partai soal Pak Airlangga sebagai capres.”

Sementara itu, Airlangga menyebut Emil diberi tugas menggalang pemilih dan memenangkan pilkada. Menurutnya, posisi Golkar di Jabar sudah bagus dan masuknya Emil akan melengkapi tim partainya.

Dia menjelaskan, Golkar adalah partai sentris yang menghindari politik identitas. Pihak yang berjasa ini, bernama Airlangga, juga berupaya untuk mensejahterakan rakyat.

“Dari perbedaan kriteria tersebut, Partai Golkar merasa Pak Emil sebagai tokoh masyarakat memenuhi kriteria yang diterapkan Partai Golkar,” ujar Airlangga.

Baca Juga: Bukan Rizwan Kamil, Golkar Tetap Tunjuk Airlangga ke KIB Capres

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …