Mantap Banyak hotel mewah dijual di Surabaya, dengan harga mulai dari Rp 30 miliar!

NanjombangNews – Banyak hotel mewah dijual di Surabaya, dengan harga mulai dari Rp 30 miliar!

NanjombangNewsJakarta – Tak hanya di Jakarta dan Bali, fenomena penjualan hotel berbintang oleh pemiliknya melalui platform jual beli online juga terjadi di Surabaya, Jawa Timur.

Pantauan Bisnis, hotel bintang tiga mendominasi iklan penjualan di Surabaya. Misalnya di website Lamudi.co.id ada hotel dijual di pusat kota Surabaya seharga Rp 52,5 miliar dengan luas bangunan 3.000 meter persegi. Hotel ini memiliki total 51 kamar.

“Kebutuhan cepat laku. Bintang 3 dan kerjasama dengan Airy. Yang menarik, bisnis hotel dan karaoke dalam satu gedung berjalan sangat lancar. Hotel yang memiliki 51 kamar ini memiliki okupansi minimal 70 persen. Karaoke dengan 21 kamar kamar juga beroperasi dengan sangat baik,” tulis sang penjual seperti dikutip dari Lamudi.co.id, Jumat (20/1/2023).

Sementara itu, di kawasan Darmo, pusat kota Surabaya, hotel resmi yang beroperasi aktif dijual seharga Rp 32,5 miliar. Luas hotel ini 608 meter persegi, dan luas bangunan 2000 meter persegi.

Sedangkan bangunan 3 lantai tersebut diduga memiliki sertifikat SHM dan IMB serta surat izin kerja. Kamar yang tersedia adalah 34 unit dengan fasilitas yang berbeda termasuk kulkas untuk Wi-Fi.

Di Rumah123.com, sebuah hotel bintang 4 di Surabaya dijual seharga Rp 40 miliar dengan luas bangunan 1.780 meter persegi dan 50 kamar. Setelah itu, hotel bintang 4 di Kecamatan Jemursari dijual Rp 65 miliar untuk luas bangunan 3.800 meter persegi.

Director of Hospitality Services Colliers Indonesia Satria Wei mengatakan, Pasar atau permintaan Keberlanjutan bisnis menjadi salah satu tantangan terbesar di Surabaya selama 25 tahun terakhir.

“Pasar perhotelan (tingkat hunian dan rata-rata tarif kamar hotel) di Surabaya termasuk yang terendah di Indonesia, untuk semua jenis akomodasi, terutama yang masuk kategori bintang 3 dan bintang 4,” kata Satria kepada Bisnis, Jumat ( 20). / 1/2023).

Dengan rendahnya harga hotel bintang 5 yang dapat diterima oleh pasar di Surabaya menyebabkan harga hotel di kelas bawah menjadi rendah. Sementara itu, biaya investasi dan operasional masing-masing kategori hotel semakin meningkat.

Tidak hanya di Surabaya, ia mengatakan ada 3 faktor yang menyebabkan turunnya penjualan hotel di banyak daerah lainnya, yakni kondisi keuangan, kelangsungan usaha dan investasi.

“Dari sisi finansial, ada pembatasan atau tidak ada dana cadangan untuk memulai pembukaan kembali hotel atau untuk mendukung operasional hotel yang tidak menghasilkan keuntungan setiap bulannya. Apalagi jika ada pinjaman di bank, itu akan menjadi bahkan lebih sulit.”

Sedangkan dari sisi keberlanjutan, ia melihat adanya sikap skeptis dari para calon pengusaha atau investor bahwa bisnis perhotelan sudah tidak lagi menjadi bisnis yang menjanjikan.

Hal ini karena hotel merupakan bisnis yang membutuhkan banyak investasi, sedangkan return on investment (RoI) membutuhkan waktu yang sangat lama.

Selain itu, prosesnya sangat mahal dalam hal izin, sumber daya manusia, dan bahan baku yang dibutuhkan.

“Sektor hotel modular terbukti sangat rapuh dalam situasi perang, penyakit/epidemi, dan inflasi. Apalagi, sektor hotel semakin sulit mendapatkan dukungan ‘bernafas’ dari lembaga keuangan, apalagi investasi,” katanya.

Sedangkan dari sisi investasi, investor mulai melirik aset lain selain hotel. Beberapa menargetkan investasi yang lebih mudah dengan dana yang dibutuhkan lebih kecil, tetapi pengembalian investasi lebih cepat, serta margin keuntungan yang lebih tinggi. Dengan demikian, risiko investasi menjadi lebih kecil.

“Kami telah mengetahui tren ini selama beberapa tahun sebelum pandemi dan tren penjualan [hotel] Itu semakin tinggi. Selain alasan di atas, salah satu penyebab kenaikan jumlah penjualan tersebut adalah rencana penghentian dukungan bank terhadap pinjaman yang dimiliki hotel-hotel di Indonesia akibat wabah yang terjadi belakangan ini.


Lihat berita dan artikel kami yang lain di berita Google

Tonton video unggulan di bawah ini:

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …