Cek Persiapan Pilkada Serentak 2024, Panitia II Kunjungi KPU dan Bawaslu Cilegon

NanjombangNews – Cek Persiapan Pilkada Serentak 2024, Panitia II Kunjungi KPU dan Bawaslu Cilegon

image_pdfprint_image

Realitarakyat.com – Kunjungan kerja Komisi II Republik Demokratik Kongo ke Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bwaslu) Kota Cilegon, Provinsi Banten, Rabu (18/1/2023).

Rapat ini digelar untuk mendengar catatan penilaian, tantangan dan persiapan KPU dan Bawaslu Kota Cilegon dalam menghadapi Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Banten.

“Komite Kedua Republik Demokratik Kongo mendorong penyelenggaraan pemilu tahun 2024 berdasarkan UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum dengan sistem pemilu proporsional terbuka sebagaimana diatur dalam Pasal 168 Ayat (2) UU Pemilu dan diperkuat oleh Undang-Undang Dasar. Putusan Mahkamah Nomor 22-24/PUU-VI/2008 tanggal 23 Desember 2008,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal saat rapat dengan KPU dan Bawaslu Banten di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Rabu (18/1/ 2023).

Pada pertemuan kali ini, salah satu yang menjadi sorotan adalah masalah data pemilih. Menurut Syamsurizal, muncul beberapa permasalahan seperti keterbatasan akses informasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta pemasukan data pemilih dari instansi induk yang tidak maksimal.

Dia mengatakan bahwa isu-isu kritis dalam pemilu mendatang tidak akan berbeda jauh dari apa yang mereka lalui. Beberapa isu kritis antara lain penyediaan data pemilih, pemutakhiran dan penyusunan data dan daftar pemilih, serta penyusunan daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus.

Syamsurizal meminta KPU dan Bawaslu berkoordinasi secara berkelanjutan untuk pendataan dan pendaftaran pemilih. “Koordinasi intensif dengan kependudukan dan dinas catatan sipil dalam mempercepat proses pendaftaran dan pengurusan dokumen KTP elektrik,” kata Syamsurizal.

Berkaitan dengan tahapan pemilu yaitu pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu, banyak hal yang menjadi catatan Komite II Republik Demokratik Kongo dalam pelaksanaan tahapan verifikasi partai politik, termasuk Komisi II DPR. RI untuk mendapatkan masukan atas indikasi kecurangan yang terjadi pada tahap pengecekan fakta calon partai politik peserta Pemilu 2024.

Adapun tahapan penarikan dan penetapan partai politik peserta pemilu serentak tahun 2024, berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 551 Tahun 2022 tanggal 14 Desember 2022 yang diubah dengan Keputusan KPU Nomor 518 Tahun 2022 tanggal 30 Desember, Tahun 2022, disebutkan sebagai berikut: Sebanyak 24 partai politik yang diperebutkan dalam pemilu yang terdiri dari 18 partai politik nasional dan 6 partai politik lokal di Aceh. (di)

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …