Amazing Target wisata outbound tahun 2023 sebesar US$5,95 miliar

NanjombangNews – Target wisata outbound tahun 2023 sebesar US$5,95 miliar

*) Angela Tanoesoedibjo: Menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan ribuan desa wisata

Jakarta – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Presiden Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakapaparekraf) Angela Tanuswedipgo memaparkan sejumlah program strategis untuk menggarap peluang dan tantangan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tahun 2023.
Dalam rapat kerja dengan Panitia 3 DPD RI, di Gedung B DPD RI, Selasa (17/1/2023), Wamenparekraf/Wakabaparekraf Angela Tanoesoedibjo yang juga Wakil Presiden DPP Perindo Partai Ekonomi Digital dan Kreatif mengatakan Kementerian diharapkan mencapai target nilai tunai Pariwisata asing pada tahun 2023 adalah $2,07 miliar di ujung bawah, dan $5,95 miliar di ujung atas, dengan kontribusi PDB pariwisata sebesar 4,1 persen.
Sementara untuk ekspor produk ekonomi kreatif diperkirakan mencapai US$26,46 miliar atau Rp397,98 triliun, dan nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan sebesar Rp1.297 triliun.
Sedangkan untuk pemeringkatan indeks perjalanan dan pariwisata ditargetkan berada di peringkat 29 sampai dengan 34, dengan target jumlah tenaga kerja pariwisata sebanyak 21,93 juta, dan tenaga ekonomi kreatif sebanyak 22,59 juta.
“Kami juga menargetkan tahun 2023 bisa mendatangkan 3,5 juta – 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, dan target wisatawan domestik 1,2 miliar – 1,4 miliar bolak-balik,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela. Ia juga merupakan anggota Kabinet Magu Bungsu Indonesia.
Wakil Menteri Brickraf mengatakan setiap deputi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki program strategis dan akan bekerja sama dalam mendukung pencapaian tujuan tersebut.
Deputi Kebijakan Strategis akan mengawal kebijakan terkait Rencana Aksi Pemerintah (RKP), dengan fokus pada penyusunan dokumen kritis dan tepat sasaran dalam pengembangan sektor Barcraff.
Sementara itu, Wakil Sumber Daya dan Kelembagaan akan fokus pada pengembangan sumber daya manusia untuk program pariwisata dan kewirausahaan yang berkelanjutan. Kedeputian Destinasi dan Infrastruktur melaksanakan program-program strategis yang berdampak langsung kepada masyarakat melalui program unggulan Desa Wisata, serta mengembangkan atraksi, aksesibilitas, dan pengembangan kreativitas kreatif melalui KaTa.
Wakil Industri dan Investasi fokus pada upaya percepatan akselerasi dunia usaha, baik melalui level usaha mikro, kecil, dan menengah hingga level nilai investasi di sektor precraff. Berikutnya adalah Program Strategi Vice Marketing yang fokus pada publikasi kampanye untuk mempertahankan brand secara nasional dan internasional sekaligus mendorong dan memfasilitasi kampanye desa wisata dan gerakan nasional Made with Pride in Indonesia (Gernas BBI).
Selanjutnya, Deputi Dinas Pariwisata dan Acara fokus pada pengembangan produk wisata minat khusus, memfasilitasi peningkatan event regional dan internasional, serta mengembangkan pameran dan konferensi di tingkat nasional dan internasional. Wakil Ekonomi Digital dan Produk Kreatif fokus pada inkubasi dan pendampingan subsektor ekonomi kreatif, apresiasi kreatif Indonesia, dan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui mahasiswa wirausaha digital.
“Kami memastikan setiap kedeputian saling terkait untuk mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif bagi Indonesia dan menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.
MP Minparkraf Angela juga menyampaikan capaian pengembangan desa wisata di 5 destinasi wisata super prioritas tahun 2022 yaitu lokasi jaringan desa wisata dimana saat ini sudah terdaftar 3.620 desa wisata, pemberian bantuan dari SDM Perekraf, dan pendampingan kewirausahaan di desa wisata.
“Kami juga sedang melakukan pengadaan kreatif desa wisata, melakukan program internal 100 desa wisata hingga platform online, kemudian juga mengembangkan jalur peradaban Borobudur, dan sertifikasi desa wisata berkelanjutan. Kami sedang membuat laporan pengembangan desa wisata. industri investasi tahun 2022, yaitu mempromosikan jejaring pariwisata dan ekonomi kreatif, mengelola dashboard investasi parekraf, hingga pertemuan kecocokan UMKM”.

Dilihat:19

Baca terus

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …