Amazing Bupati Romi membandingkan UMKM dengan Indomaret

NanjombangNews – Bupati Romi membandingkan UMKM dengan Indomaret

Koresponden Anda, INFOJAMBI.COM Boom dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Usaha mikro, kecil dan menengah) Naik level, diprakarsai oleh wali Tanjung TimurDan Romy Haryanto.

Romy memastikan produk UMKM Tanjabtim bisa masuk ke gerai Indomaret Ini di daerah itu. Saat ini ada lima gerai Indomaret di Tangaptim.

Manajemen Indomaret menyambut baik kerja sama tersebut. Upaya selanjutnya akan dilakukan agar seluruh produk unggulan UMKM masuk ke gerai Indomaret.

Bahkan, Indomaret sudah menyiapkannya ruang emas untuk produk UMKM.

Baca juga:
Bank Indonesia melakukan proses sosialisasi pembiayaan UMKM

ruang emas Ini adalah tempat khusus dan sangat dicari oleh para penjual Indomaret. Lokasinya berada di dekat pintu masuk Indomaret, sehingga konsumen dapat melihatnya dengan mudah.

Namun tentunya kualifikasi produk UKM yang diakomodasi harus sesuai dengan standar Indomaret.

“Saya berharap UMKM mendapat manfaat, dan Indomaret juga mendapat manfaat,” jelasnya di hadapan 75 UMKM peserta pelatihan Indomaret, di Model Room Kantor Bupati Tangaptim, Kamis, 19 Januari 2023.

Romi memesan paket kesehatan dan bisnis untuk membantu mempercepat pengurusan PIRT.

Selain itu, sertifikasi Halal juga menjadi prasyarat, agar produk UMKM Tanjabtim dapat diterima di gerai Indomaret.

Kepala Pusat Indomaret Wibi Budilaksono yang hadir mengatakan, Indomaret mendukung penuh gagasan Bupati Tanjabtim untuk mendorong UMKM berbenah.

Karena itu mereka hadir di Muarasabak untuk memberikan pelatihan penguatan UMKM.

“Tujuannya agar usaha kecil menengah kita bisa bersaing di pasar ritel modern dan e-commerce,” kata Webby.

Terkait permintaan wali amanat agar tenaga kerja di masing-masing outlet menggunakan tenaga kerja lokal, Indomare pun mengamini.

Indomaret menyerap materi pelatihan secara penuh, meliputi standarisasi pengolahan produk, otorisasi lengkap, pengemasan produk, tata cara pemasaran, dan pemberian pengetahuan manajemen usaha.

Selain materi kelembagaan, pembiayaan terutama akses layanan perbankan.

Seluruh peserta pelatihan juga diberikan sealant pulsa Indomaret secara gratis.

Indomaret juga memberikan doorprize berupa dua gerobak UMKM, handphone, mixer dan kompor gas, sebagai dukungan nyata UMKM Tanjabtim.

Sebanyak 120 produk UMKM yang dipamerkan pada acara tersebut juga akan divalidasi agar dapat segera masuk ke gerai Indomaret.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tangaptem, Muhammed Awaluddin menjelaskan, kerjasama Pemkab Tangaptem dengan Indomaret diharapkan terus berkembang dengan tumbuhnya gerai Indomaret di Tangaptim.

Dia tak memungkiri, kerja sama serupa tengah dijajaki dengan peritel lain seperti Alfamart dan pasar kecil di kawasan.

“Kami akan terus mendorong UMKM untuk segera berbenah. Kami berupaya menjalin kemitraan yang baik, agar UMKM dan pasar modern dapat bersinergi secara maksimal,” ujarnya.

Pemkab Tangaptim menargetkan tumbuhnya usaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan, serta mengembangkan perekonomian masyarakat secara besar-besaran. ***

Ikuti lebih banyak berita di GOOGLE NEWS

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …