Kunjungan DPRD Belitung Timur ke Satpol PP Kota Bekasi, ini yang dibahas

NanjombangNews – Kunjungan DPRD Belitung Timur ke Satpol PP Kota Bekasi, ini yang dibahas

telusur.co.id – Panitia I DPRD Kabupaten Belitung Timur melakukan kunjungan kerja ke Satpol PP Kota Bekasi dalam rangka konsultasi dan koordinasi pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) terkait ketertiban umum di kantor Satpol PP Kota Bekasi.

Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Belitung Timur, Suhandi, menjelaskan maksud dan tujuan silaturahmi sekaligus menimba ilmu dalam hal penerapan peraturan daerah.

ujar Suhandi dalam keterangan yang diterima, Kamis (19/1/23).

Suhandi juga menjelaskan bahwa Kabupaten Belitung Timur terlalu besar, dan tidak diimbangi oleh personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang cukup.

“Salah satu masalah kita adalah sumber daya manusia. Dengan sekitar 100 petugas di Satpol PP menangani 130.000 orang ditambah luas 2.500 kilometer persegi. Itu membuat pemerintah harus terus memikirkan solusi untuk menanganinya sehingga pelanggaran seperti izin iklan dan sebagainya dapat diselesaikan”.

Apalagi ia memberikan catatan dari Satpol PP Bekasi, Karto beserta sekretaris dan jajarannya.

“Selamat datang di Kota Bekasi yang berbasis jasa dan perdagangan, Perihal izin reklame, saat ini izinnya sudah melalui satu pintu (DPMPT-SP) dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti tidak keluarnya izin reklame, maka tetap dilaksanakan oleh orang yang dimaksud”.

Carto menjelaskan tugas Satpol PP adalah menangani masalah seperti sistem dan keamanan. Melihat kota Bekasi yang berpenduduk 2,6 juta jiwa memiliki dampak positif dan negatif.

“Efek positifnya adalah banyak orang, sehingga pendapatan asli daerah sangat membantu pencapaian visi dan misi presiden daerah terpilih, sedangkan efek negatifnya juga banyak pelanggaran ketertiban dan keamanan,” jelasnya. .

Karena itu, kata Carto, Linmas juga membantu menangani Satpol PP. Seperti membagi tugas dalam mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, memantau izin publisitas, dan lain sebagainya.

“Sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kepada Linmas adalah pemberian sembako dan bantuan sembako setiap bulannya. Sebentar lagi kita sudah mendekati tahun politik, dan diharapkan Linmas bisa membantu mengawasi pemilu nanti yang berjalan aman dan nyaman. dengan baik,” kata Carto.

Ditinjau dari tujuan, landasan hukum Satpol PP Kota Bekasi adalah Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2013 tentang Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama dan pembagian souvenir antara Pemerintah Kota Bekasi dan DPRD Kabupaten Belitung Timur.[Tp]

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …