Amazing DP Kredit Nol Persen Positif, Tapi Bank Harus Cermati Hal Ini – Solopos.com

NanjombangNews – DP Kredit Nol Persen Positif, Tapi Bank Harus Cermati Hal Ini – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Klarifikasi Fitur. (ilustrasi/Solopos Doc)

Solopos.com, solo – Kebijakan Bank Indonesia (BI) berupa mitigasi ketentuan uang muka atau menekan Kredit (DP) untuk pembiayaan properti dan mobil turun hingga 0 persen merupakan langkah yang tepat.

Namun, ada beberapa hal yang membuat bank harus waspada dalam menyalurkan kredit.

Tingkatkan fungsionalMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, andal, dan memuaskan

Menurut Badan Penatausahaan Bisnis (BPU) Universitas Cibelas Marit (UNS) yang juga pengawas properti Solo, Arianto Ade Nugroho, sejumlah perbankan perlu mengkaji lebih dalam dalam penerapan kebijakan yang akan berlaku mulai 1 Januari hingga Januari ini. 31, 2023.

“Hal penting yang perlu diingat, bank harus berhati-hati dalam menerapkan kebijakan uang muka 0 persen, terutama dalam memilih calon debitur yang akan mengajukan kredit,” ujar Arrianto. solopos.com Pada Kamis (19/1/2023).

Beriklan dengan kami

Salah satu penyebabnya adalah durasi yang relatif lama, terutama di sektor real estate.

“Perbankan perlu melakukan analisis kredit terhadap debitur untuk menilai kapasitas atau kemampuan membayarnya, mengingat kredit di sektor real estate memiliki jangka waktu yang relatif panjang, sehingga kita harus berhati-hati.”

Ariyanto menilai sebagai bagian dari siklus bisnis real estate pasca pandemi Covid-19, bisnis real estate memasuki masanya. secovery. Artinya, ada antusiasme masyarakat untuk berbisnis di bidang real estate dengan dukungan perbankan yang juga masuk ke sektor real estate.

Secara umum, bisnis real estate memiliki tiga siklus, yaitu: pasar boomingDan ResesiDan pemulihan. saat ini diketuai pemulihan Atau recovery, yang ditandai dengan antusiasme masyarakat dalam melakukan transaksi real estate, dan adanya dukungan perbankan untuk membiayai sektor tersebut.”

Padahal sudah ada kebijakan untuk mendapatkan relaksasi kredit. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Cibelas Marit (UNS) ini mengatakan, kondisi ekonomi masyarakat Indonesia belum sepenuhnya pulih.

Beriklan dengan kami

“Dari kebijakan pelonggaran pembiayaan, hanya kondisi ekonomi masyarakat saat ini yang belum sepenuhnya pulih.”

Sementara itu, menurut Ketua Komisi Real Estate Indonesia (REI) Soloraya, Maharani, kepada solopos.com Minggu (15/1/2023), warga Solo dengan pendapatan setara Upah Minimum Kota (UMK) masih bisa membeli rumah.

Namun pemerintah mensubsidi perumahan di daerah di luar kota Solo.

Rumah susun yang bisa dimiliki oleh penghuni lajang dengan upah minimal 60 meter persegi harganya Rp 150.000.000. Ada rumah binaan di sejumlah daerah di Soloraya, antara lain Mogolapan, Sukoharjo, hingga Boyolali.

Beriklan dengan kami

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …