Amazing Di tengah Davos, panggilan untuk perpajakan “sangat kaya” tumbuh. Di manakah lokasi Kanada?

NanjombangNews – Di tengah Davos, panggilan untuk perpajakan “sangat kaya” tumbuh. Di manakah lokasi Kanada?

Saat para pemimpin dunia bertemu di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, ada permintaan yang meningkat untuk pajak atas apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai “penyalahgunaan kekayaan” – tetapi seberapa layakkah itu di Kanada?

Sebuah laporan baru yang dikeluarkan oleh Oxfam International pada hari Senin menunjukkan bahwa 1 persen orang terkaya di dunia telah mengumpulkan kekayaan baru hampir dua kali lipat – $26 triliun – dibandingkan dengan 99 persen populasi dunia selama dua tahun terakhir.

Baca lebih banyak:

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan di Forum Ekonomi Dunia bahwa dunia sedang mengalami keadaan yang tidak menguntungkan

Baca yang berikut ini:

Seorang pria telah ditangkap setelah mencoba menculik seorang pelayan melalui jendela mobil

Selama pandemi COVID-19, kekayaan miliarder telah meningkat sebesar $2,7 miliar per hari, kata laporan tersebut, sementara setidaknya 1,7 miliar pekerja tinggal di negara-negara di mana inflasi melebihi upah mereka dan lebih dari 820 juta orang kelaparan.

Cerita berlanjut di bawah iklan

“Ketimpangan kekayaan semakin tidak terkendali dan berada pada tingkat yang belum pernah kita lihat sebelumnya, dan kita mulai melihat peningkatan kemiskinan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun,” kata Ian Thompson, direktur kebijakan Oxfam Canada di Ottawa.

Laporan Oxfam muncul saat World Economic Forum, pertemuan tahunan para pemimpin politik dan bisnis, bersidang di Davos.


Klik untuk memutar video:

Tekanan untuk mengenakan pajak kepada orang kaya di Amerika Serikat telah meningkat seiring dengan meningkatnya kekayaan miliarder


Untuk mempersempit kesenjangan yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin, Oxfam mendesak pemerintah untuk memperkenalkan serangkaian kebijakan perpajakan yang menyasar si kaya.

Itu termasuk pajak kekayaan “solidaritas” satu kali dan pajak tak terduga, serta kenaikan pajak permanen untuk satu persen orang terkaya.

Sekarang, banyak jutawan, termasuk orang Kanada yang kaya, menuntut pajak yang lebih tinggi.

Baca lebih banyak:

Saat Forum Ekonomi Dunia dimulai, Oxfam mendorong pajak tak terduga untuk perusahaan makanan

Baca yang berikut ini:

Air Canada kehilangan kursi roda seorang pria, menawarkan voucher $300 dan pengganti kursi yang rusak

Cerita berlanjut di bawah iklan

Dalam sebuah surat terbuka yang dirilis hari Rabu kepada para pemimpin politik di Davos, sekelompok lebih dari 200 jutawan dari 13 negara mengatakan: “Pajaki orang super kaya dan lakukan sekarang. Ini adalah ekonomi yang sederhana dan masuk akal. Ini adalah investasi untuk kepentingan bersama kita.” dan masa depan yang lebih baik yang layak kita dapatkan.” Sebagai jutawan, kami ingin melakukan investasi ini.”

Claire Trottier, seorang dermawan dan advokat keadilan pajak dari Montreal, termasuk di antara lima orang Kanada yang menandatangani surat tersebut.

Dia mengatakan bahwa memajaki orang kaya tidak hanya akan mengatasi ketidaksetaraan yang melebar, tetapi juga akan menghasilkan pendapatan yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah utama yang dihadapi dunia saat ini.

“Tidak ada solusi tunggal, tetapi yang pasti bagi saya pajak kekayaan adalah bagian yang sangat penting dan esensial dari solusi,” kata Trottier kepada Global News.

Dalam jajak pendapat Ipsos tahun lalu, sebagian besar orang Kanada (80 persen) mengatakan pemerintah harus mengenakan pajak lebih banyak kepada orang kaya.

Cerita berlanjut di bawah iklan

Pemerintah federal telah mencari cara untuk melakukan ini dan memastikan keadilan pajak, tetapi kritikus yang mendukung lebih banyak pajak mengatakan masih banyak yang harus dilakukan, termasuk pengenalan pajak kekayaan, pajak warisan, dan pajak perusahaan bersyarat. Sekaligus menjembatani celah pajak di dalam negeri sebagai bagian dari beberapa solusi.

Baca lebih banyak:

Pajak barang mewah pada orang super kaya bisa merugikan mobil ramah lingkungan. Begini caranya

Baca yang berikut ini:

Meksiko melarang merokok di semua tempat umum, termasuk pantai dan hotel

Anggaran 2022 pemerintah Liberal mencakup biaya tambahan yang diusulkan sebesar 1,5 persen atas keuntungan bank lebih dari $100 juta, ditambah biaya satu kali sebesar 15 persen atas pendapatan lebih dari $1 miliar untuk tahun pajak 2021.

Pajak barang mewah, yang mulai berlaku September lalu, mencakup mobil dan kendaraan sport, serta jet pribadi dan helikopter, dengan nilai lebih dari $100.000. Pajak federal juga akan mencakup yacht dan perahu, termasuk perahu motor, senilai lebih dari $250.000.


Klik untuk memutar video:

Apakah kenaikan pajak yang dijanjikan Trudeau berarti biaya yang lebih tinggi?


Ini semua adalah “langkah kecil”, kata Thompson.

Cerita berlanjut di bawah iklan

“Pemerintah Liberal telah mengatakan selama bertahun-tahun ingin mengatasi ketimpangan kekayaan yang berlebihan, tetapi kami belum melihat mereka menindaklanjuti kata-kata itu,” katanya.

Baca lebih banyak:

Partai Nasional menginginkan pajak kekayaan. Apakah Anda berhasil?

Baca yang berikut ini:

Seorang wanita dan seorang anak laki-laki dibunuh oleh beruang kutub di sebuah desa terpencil di Alaska

Tekanan liberal Partai Demokrat Baru seharusnya berbuat lebih banyak untuk mengenakan pajak kepada orang super kaya. Dengan partai tersebut sekarang dalam kesepakatan pemerintah hingga 2025 dengan Liberal federal, yang memegang pemerintahan minoritas, tidak jelas apakah NDP akan menggunakan pengaruh itu untuk mencapai tujuan itu.

“Sangat mengecewakan melihat pemerintah federal menolak mengambil tindakan untuk memastikan orang kaya membayar pajak mereka secara adil,” kata Nikki Ashton, kritikus keadilan pajak NDP.

“Kita perlu menutup celah pajak yang memungkinkan orang kaya di negara kita menghindari dan menghindari membayar pajak mereka,” tambahnya.

Mengapa orang kaya semakin kaya?

Menurut analisis Oxfam, 95 perusahaan makanan dan energi memperoleh keuntungan lebih dari dua kali lipat pada tahun lalu, menghasilkan rejeki tak terduga sebesar US$306 miliar.

Cerita berlanjut di bawah iklan

Di Kanada, CEO dengan bayaran tertinggi dan eksekutif puncak lainnya memecahkan rekor kompensasi pada tahun 2021, menghasilkan rata-rata $14,3 juta, menurut laporan dari Center for Canadian Policy Alternatives yang dirilis awal bulan ini.


Klik untuk memutar video:

Orang kaya semakin kaya: Pendapatan CEO dengan bayaran tertinggi di Kanada tumbuh saat inflasi meningkat


Thompson, dari Oxfam Kanada, mengatakan respons terhadap pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi yang terjadi kemudian telah berkontribusi pada peningkatan kekayaan orang kaya.

Dia mengatakan, suntikan dana masyarakat untuk menjaga perekonomian dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat telah mendongkrak keuntungan perusahaan selama dua tahun terakhir.

“Respon terhadap pandemi itu perlu, tapi yang menyebabkannya adalah konsentrasi kekayaan di atas,” katanya kepada Global News.

Inilah mengapa Oxfam dan lainnya menyerukan pajak rejeki pada perusahaan yang menghasilkan keuntungan berlebihan. Oxfam juga menyukai gagasan untuk melibatkan perusahaan makanan besar, sebagai cara untuk mempersempit kesenjangan yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin.

Cerita berlanjut di bawah iklan

Beberapa pemerintah harus mengenakan pajak keuntungan tak terduga dari perusahaan bahan bakar fosil karena perang Rusia di Ukraina membuat harga minyak dan gas alam melonjak tahun lalu.

Namun, Kanada belum bergabung dengan pemerintah federal dengan mengatakan tidak berencana untuk memungut pajak rejeki atas keuntungan besar yang dibukukan oleh perusahaan energi Kanada.

“Mencuci Salju” di Kanada

Penggelapan dan pengelakan pajak juga memperburuk ketidaksetaraan, kata para ahli, karena orang kaya dapat memindahkan uang mereka dan memanfaatkan sistem hukum untuk membayar pajak yang lebih rendah.

Laporan investigasi bersama tahun 2017 oleh Toronto Star dan CBC “Snow Washing” mengungkapkan bagaimana orang kaya di seluruh dunia mendirikan perusahaan depan di Kanada untuk menyembunyikan uang mereka.

Kanada adalah pilihan yang “menarik” untuk spoiler, kata Mark Tass, seorang akuntan forensik dan profesor di Universitas Ottawa karena mudah mendirikan perusahaan tanpa memberikan banyak informasi tentang negara tersebut.

Cerita berlanjut di bawah iklan

“Anda bisa masuk ke perusahaan di Kanada dalam waktu sekitar 15 menit, jadi pada dasarnya lebih mudah masuk ke perusahaan di Kanada daripada mendapatkan kartu perpustakaan,” katanya kepada Global News.

Tass mengatakan bahwa untuk menyelesaikan masalah tersebut, harus ada “kemauan politik”, tetapi masalah tersebut tidak dapat diselesaikan dalam semalam.

“Saya pikir kita perlu meninjau undang-undang kita, untuk memberikan lebih banyak kekuatan kepada regulator dan juga kepada aparat penegak hukum,” katanya.

“Kita perlu bekerja sama dengan mitra internasional kita.”

– Dengan file dari The Associated Press dan The Canadian Press

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …