Mantap Komitmen HIMBARA untuk mendukung industri manufaktur

NanjombangNews – Komitmen HIMBARA untuk mendukung industri manufaktur

Jakarta Himpunan Bank Milik Negara atau yang lebih dikenal dengan HIMBARA berkomitmen mendukung langkah pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk industri manufaktur tanah air.

Ketua HIMBARA yang juga sebagai lead director inisiatif BRI, mengatakan Presiden Jokowi memberikan arahan agar semua pihak mendukung industri hilir. Untuk itu, perbankan terus mendukung kebijakan pemerintah terkait pemurnian, khususnya industri manufaktur yang berbasis pada ekstraksi sumber daya alam.

“Bagian hilir ini titik tidak bisa kembali. Sebelumnya, bos mengulangi bahwa hilir tidak bisa berhenti, tidak bisa mundur. “Industri perbankan berkomitmen untuk mendukung proses hilirisasi agar seluruh mata rantai nilai tambah dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” kata Sunarso usai pertemuan antara pelaku industri perbankan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Presiden Jokowi pada Senin (16/1/2023).

Himbara sendiri terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN.

Terkait industri hilir, Presiden Jokowi sebelumnya menegaskan bahwa pemerintah akan terus melakukan transformasi industri yang diyakini sebagai lompatan besar peradaban bangsa. Tiga tahun lalu, Presiden Jokowi melarang ekspor bijih nikel ke luar negeri. Kegiatan pelarangan ekspor dibarengi dengan berkembangnya penyulingan di dalam negeri.

Dengan larangan ekspor, Presiden Jokowi melihat Indonesia mengalami lonjakan nilai tambah yang sangat besar, dari sekitar Rp 17 triliun menjadi sekitar Rp 360 triliun. Terkait kebijakan larangan ekspor bijih nikel, Indonesia kini serius mengajukan banding atas kekalahan gugatan Uni Eropa di World Trade Organization (WTO).

Pada KTT ASEAN-Uni Eropa beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga mendorong adanya kesetaraan dalam kemitraan antar negara, agar tidak ada negara yang merasa lebih unggul dari negara lain.

Dalam rapat di Istana Negara, Senin pagi, lanjut Sunarso, perbankan dan OJK berdialog dengan Presiden Jokowi, serta memberikan masukan dan laporan apa saja yang sudah dilakukan industri di tahun 2022.

Sementara itu, Ketua Dewan OJK Mahendra Sirigar menambahkan tujuan pertemuan dengan Presiden Jokowi hari ini adalah untuk menyampaikan persiapan pertemuan tahunan industri jasa keuangan yang akan dilaksanakan pada awal Februari 2023. Sektor jasa keuangan serta kinerja industri di bidang jasa keuangan.

“Kami sampaikan bagaimana merencanakan prospek dan tantangan ke depan yang harus diantisipasi, dimitigasi dan disikapi semaksimal mungkin sehingga meskipun kondisi ekonomi global menantang dan tidak mudah, namun tentunya kita harus memitigasi dampak dari kondisi tersebut dan dampaknya. tentu saja kita juga menyambut masa depan.bersiap untuk memasuki pemilihan umum dan pemilihan presiden.

Dalam rapat yang dihadiri OJK, Himbara, Bursa Indonesia dan pelaku industri perbankan lainnya, Presiden memberikan arahan yang sangat jelas bahwa momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi harus dipertahankan mulai tahun 2022 dan seterusnya.

Meski laporan keuangan belum dipublikasikan, HIMBARA optimis pada tahun 2022 bank-bank BUMN mampu mengungguli mereka dengan kinerja yang sangat baik dan kuat, apalagi masih tumbuh kuat dan tetap mengedepankan kehati-hatian.

Ia mengatakan, “Terbukti kualitas aset yang kami kelola banyak meningkat dan hal ini tidak lepas dari kebijakan OJK yang juga termasuk memperpanjang masa relaksasi untuk menentukan kualitas laba aset dan ini sangat diperlukan.” .

Sunarso menambahkan HIMBARA dan BRI khususnya memiliki strategi pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan dimana perusahaan tumbuh secara selektif dengan membangun cadangan yang cukup untuk mengantisipasi resesi akibat kondisi ekonomi yang diperkirakan menghadapi ketidakpastian.

“Kami siap untuk bertumbuh dan siap menghadapi berbagai tantangan dari segi cadangan dan kami telah membuktikan bahwa layanan perbankan kami di tahun 2022 sangat kuat,” pungkas Sonarsu.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …