Mantap Bupati Rohol Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda, Komitmen Ikuti Arahan Presiden

NanjombangNews – Bupati Rohol Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda, Komitmen Ikuti Arahan Presiden

WARTASULUH.COM, PASIRPARAIAN – Wali Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023, Selasa (17/01/2023) di Sentul International Convention Center. Ia juga berkomitmen untuk mengikuti arahan Presiden Joko Widodo.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia tahun 2023 diresmikan langsung oleh Presiden dengan tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Mengendalikan Inflasi”.

Presiden Jokowi mengingatkan kepala daerah tentang enam isu penting, antara lain pengendalian inflasi, penanggulangan kemiskinan ekstrim dan stunting, kemudahan investasi, serta perbaikan birokrasi dan APBD. Serta pemanfaatan produk lokal, ciri khas kota, serta stabilitas politik, keamanan dan toleransi antar umat beragama.

Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 di Tanah Air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

“Alhamdulillah wabah ini sudah bisa kita kelola dan kendalikan dengan baik, stabilitas ekonomi sudah bisa kita kelola, dan kita jaga agar dalam keadaan yang sangat baik. Ini berkat kerja keras yang kita semua lakukan,” ujarnya. kata presiden.

Dalam sambutannya, Presiden mencontohkan, tingkat vaksinasi virus Corona di Indonesia mencapai 448 juta dosis suntikan. Diakui Presiden, menyuntikkan 448 juta dosis vaksin bukanlah tugas yang mudah, namun bisa dilakukan berkat dukungan dari berbagai elemen bangsa.

“Menyuntikkan 448 juta suntikan memang tidak mudah, tapi karena TNI juga terlibat, polisi juga terlibat, semua gubernur, gubernur, walikota terlibat, hingga ke tingkat RT/RW. Ini yang mendorong kita menuntaskan COVID-19 dengan baik.”

Presiden menjelaskan lagi, di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, Indonesia juga berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada triwulan III tahun 2022, perekonomian Indonesia berhasil tumbuh sebesar 5,72%, dan pada triwulan IV tahun 2022 diharapkan dapat tumbuh sebesar 5,2% hingga 5,3%.

“Ini pencapaian yang sangat bagus, karena di kuartal III kita mampu tumbuh 5,72 persen. Bandingkan dengan negara lain.”

Presiden mengatakan, meski mampu melewati tahun gejolak ekonomi 2022 dengan baik, Indonesia harus tetap berhati-hati dan tetap waspada karena tahun 2023 akan tetap menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semua harus hati-hati dan bekerja keras, dan semuanya harus menggali informasi dan data di lapangan agar kita tidak salah dalam mengambil kebijakan, sekecil apapun kebijakan itu harus berdasarkan data dan fakta di lapangan. .”

Sementara itu dalam kegiatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mindagri) Tito Karnavian juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 kerjasama antar instansi pusat dan provinsi akan mampu menopang pertumbuhan ekonomi di tanah air. Rakornas juga akan dihadiri oleh 4.545 peserta yang akan dibagi menjadi empat panel.

Sesi pertama membahas pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, dengan pembicara Menteri Koordinator (Minku) Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono, Gubernur Bank Indonesia (BI) Peri Warjiu, Menteri Keuangan (Menkeu). Keuangan) Sri Mulyani, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan, dan Kepala Badan Pangan Nasional (Papanas) Arif Prasetyo Bodhi.

Sesi kedua dengan pembahasan promosi penanaman modal, fasilitasi dan fasilitasi perijinan perdagangan memperkenalkan narasumber Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Minko Marvis) Luhot Binsar Pandjaitan, Menteri Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahdalia, Menteri PANRB Abdul Allah Azur Anas, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Somade, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimueljono, dan Menteri Pertanian dan Tata Ruang (ATR)/Kabid Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjjanto.

Sesi ketiga membahas penanganan COVID-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, dengan narasumber Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi, Menteri Kesehatan (MINEX) Budi Gunadi Sadiqin, dan Menteri Sosial (MNSOS). ) Tri Rismaharini. Menteri Tenaga Kerja (Menakar) Ida Fawzia, Bupati Sumedang Doni Ahmed Munir, serta fisikawan dan matematikawan Yohannes Surya.

Sesi keempat dengan pembahasan Stabilitas Politik, Hukum, Keamanan dan Pengawasan, menghadirkan pembicara Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kapolri Listiu Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Atta, dan Panglima TNI Yudo Margono.

Dalam rakor nasional ini, Gubernur Rohul juga didampingi oleh Ketua DPRD Rohul Novliwanda Adi Putra ST M.Si Kajari Rohul Pri Wijeksono, SH.MH, Dandim 0313/KPR, Kapolres Rohul AKBP Pangjuang Priyo Soegito SIK MH dan Kapolres dari BPS Rohul Surya Legowo SST M.Sc (MC/to’at)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …