Mantap Bersama Unsur Forkopimda, Bupati atas nama Pidie mengikuti Rakornas Penguatan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

NanjombangNews – Bersama Unsur Forkopimda, Bupati atas nama Pidie mengikuti Rakornas Penguatan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

MEDIAANDALAS.COM, SIGLI – Pemerintah terus berupaya mengendalikan inflasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah tersebut dilaksanakan melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tahun 2023.

Kegiatan bertajuk “Promoting Economic Growth and Controlling Inflation” ini digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (17/1/2023), yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Goku Widodo.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada para kepala daerah dan jajaran Forkopimda terkait pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi, penanganan stunting dan sejumlah isu penting lainnya, demikian keterangan Kemendagri yang ditindaklanjuti oleh kepala daerah. Sekretariat Prokopim Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., MA, kepada awak media pada Rabu pagi (18/01/2023).

Dalam laporannya, Menteri Dalam Negeri (Mindagri) Mehmet Tito Karnavian menjelaskan, dalam upaya pengendalian inflasi daerah, Kementerian Dalam Negeri bersama kementerian/lembaga terkait telah mengambil langkah-langkah strategis.

Upaya tersebut antara lain dengan mengadakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Inflasi Daerah secara berkala setiap hari Senin yang dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah dan jajaran Vorkobemda, serta Kepala Instansi Vertikal di tingkat Kabupaten dan Kabupaten/Kota sejak Oktober 2022 sampai dengan saat ini.

Mendagri mengatakan, berkat arahan Kepala Negara dan kerja sama organ pusat dan pemerintah daerah (BEMDA), pertumbuhan ekonomi nasional saat ini terus menunjukkan angka positif.

“Berdasarkan laporan BPS (Badan Pusat Statistik) triwulan III 2022 (pertumbuhan ekonomi) akan mencapai 5,7 persen,” kata Mendagri dalam keterangannya.

Lebih lanjut Mendagri mengungkapkan, laju inflasi juga dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini sesuai dengan laporan perkembangan inflasi tahunan yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, khusus pada September 2022 sebesar 5,95 persen, Oktober 2022 turun menjadi 5,71 persen, November 2022 menjadi 5,42 persen, dan Desember 2022 naik tipis menjadi 5. 51 persen.

“Karena ada pola permintaan musiman, ada perayaan Natal dan Tahun Baru,” jelas Mendagri.

Mendagri mengatakan, Kemendagri menghadirkan empat diskusi panel dalam rapat koordinasi nasional ini dengan narasumber dari jajaran menteri, lembaga, dan kepala daerah. Beberapa isu penting dibahas dalam diskusi tersebut.

Isu penting yang dibahas adalah pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi. memperkuat penanaman modal dan mengalihkannya ke sumber lain serta memfasilitasi perolehan izin usaha; penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial; Stabilitas politik, hukum, keamanan dan pengawasan.

“Dengan momentum yang baik ini, diharapkan keempat panitia dapat memberikan masukan dan arahan mengenai langkah-langkah yang layak dilakukan oleh daerah,” ujar Mendagri.

Sebagai informasi, jumlah peserta Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023 sebanyak 4545 orang yang terdiri dari 239 orang dari instansi pusat dan 3257 orang dari daerah.

Peserta instansi pusat terdiri dari 45 Kepala Kementerian/Lembaga (K/L), 34 Sekjen dan Sekretaris Utama Kementerian/Lembaga terkait, 25 Eselon IK/L, dan 27 pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).), 97 pejabat Eselon II Kemendagri, 3 kepala unit kerja setingkat Eselon III Kemendagri, 8 kepala pusat BNPP lintas batas.

Kemudian peserta dari pemerintah daerah terdiri dari 38 Gubernur dan Penjabat Gubernur (Pj), 1 Wali Nanggroe Aceh, 1 Ketua MRP, 1 MRPB, 34 DPRD Kabupaten, 514 Wali Kota dan Pj Gubernur. Bupati/Walikota, DPRD Kabupaten/Kota 508, Unsur TNI 128, Kapolda ke-34, Kajati ke-33, KaBINDA ke-34.

Selain 29 Kepala Perwakilan BI Kabupaten, 514 Unsur Polri Kabupaten/Kota, 344 Dandim, 438 Kajari, 58 Danlanal, 34 BPKP Kepala Daerah, 514 Bupati dan Bupati/Kota.

PJ Bupati Ir H. Wahyudi Adisiswanto, MA beserta Forkopimda Pidie item (lengkap) termasuk peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan ini, kata Ketua Prokopim Setdakab Pidie Teuku Iqbal, S.STP. , Guru[As]

Tentang petugas pos

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …