Mantap Bantu rupiah menguat, ini enam hal yang bisa kita lakukan

NanjombangNews – Bantu rupiah menguat, ini enam hal yang bisa kita lakukan

Jakarta: Nilai tukar rupiah masih menunjukkan tren kuat terhadap dolar AS, meski nilai tukar rupiah terhadap dolar pada Rabu pagi, 18 Januari 2023 berada di level 15.165 rupee terhadap dolar. Pada penutupan perdagangan sebelumnya, nilai tukar rupee berada di angka 15.045 rupee per dolar AS (Sumber: bloomberg).

Posisi rupiah yang masih mendekati level 15.000 rupiah per dolar AS masih bisa menguat. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, tidak ada salahnya membantu rupiah agar lebih kuat dari mata uang Amerika.

Mengutip laman positioniuangmu.ojk.go.id, ada tujuh upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu memperkuat posisi rupiah, yaitu:

1. Beli produk lokal dan hindari produk impor

Cara ini merupakan cara termudah untuk membantu pemerintah dengan menghindari pembelian produk impor hingga rupiah menguat.

pemilik Medcom.id Pembelian dapat diubah menjadi produk buatan sendiri, terlepas dari perbedaan kualitas dengan produk impor. Masih banyak produk dalam negeri yang tidak kalah bagusnya dan sudah menembus pasar internasional.

2. Jangan menyimpan dolar dan menukarnya dengan rupee

Maka, Anda harus lebih berani memegang Rs. Anda harus memastikan dan tetap menggunakan mata uang ini dan tidak menukarnya dengan dolar yang akan meningkatkan nilai rupiah. Cepat atau lambat, nilai mata uang ini akan kembali menguat.

3. Kewirausahaan berorientasi ekspor

Memulai bisnis dengan orientasi ekspor negara sebenarnya dapat membantu dalam mengumpulkan devisa. Banyak perusahaan Indonesia yang dikenal secara internasional, salah satunya terkait kerajinan tangan.

4. Bepergian dan menikmati wisata domestik

Hal lain yang dapat membantu pemerintah adalah dengan meredam keinginan berwisata ke luar negeri dan mendorong berkembangnya sektor pariwisata dalam negeri yang diharapkan dapat mempercepat perolehan devisa. Destinasi wisata di Indonesia tidak kalah indahnya dengan tempat di negara lain kamu tahu.

5. Bepergian dengan transportasi umum

Apa hubungan penggunaan transportasi umum dengan mata uang rupiah? Menggunakan transportasi umum sangat efisien dalam menghemat konsumsi bahan bakar. Jika menghemat penggunaan BBM, maka jumlah BBM yang harus diimpor pemerintah bisa dikurangi sehingga cadangan devisa bisa digunakan untuk kebijakan lain. Cara ini merupakan hal yang paling sederhana dalam membantu nilai tukar rupiah.

6. Berinvestasi di dalam negeri

Salah satu investasi yang dapat membantu mendukung penguatan rupiah adalah investasi pada Surat Utang Negara (SUN). Jangan lewatkan kesempatan untuk berinvestasi di negara ini. Selain membantu APBN, ternyata bisa membantu memperkuat rupiah.

Jangan lupa untuk menindaklanjuti update Dan berita lainnya Mengikuti akun Google News Medcom.id.

(JST)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …