Amazing Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Jaga Stok dan Harga Pangan – Minara Indonesia

NanjombangNews – Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Jaga Stok dan Harga Pangan – Minara Indonesia

Bogor, Menara, Indonesia.Walikota Makassar Moh. Ramazan Bomanto menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKURNAS) di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Rakornas yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo itu dihadiri oleh 4.545 peserta dan mengangkat tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Mengendalikan Inflasi”.

Dalam arahannya, Jokowi mengatakan ada empat hal sangat penting yang harus diperhatikan oleh seluruh kepala daerah dan dinas terkait.

Pertama, pengendalian inflasi di tengah ekspektasi bahwa sepertiga negara di dunia akan mengalami resesi atau sekitar 70 negara akan terkena dampaknya.

Meski inflasi nasional masih stabil di angka 5,5 persen, dia mengatakan pada 2023 Indonesia masih bisa menghadapi ujian ekonomi. Hal itu membuat Jokowi meminta seluruh kepala daerah datang untuk mengecek langsung stabilitas harga barang dan jasa di daerah tersebut.

Kedua, kemiskinan ekstrim yang masih 2%. Bahkan, Jokowi menyebut ada 14 provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat kemiskinan ekstrim lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Oleh karena itu, Jokowi dengan tegas meminta kerja sama seluruh bupati untuk menekan angka tersebut. Ini bertujuan agar tingkat kemiskinan ekstrem menjadi nol persen pada tahun 2024.

Ketiga, Jokowi juga mengkhawatirkan dwarfisme. Ia berharap Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia siap dalam hal produktivitas dan kreativitas menghadapi bonus demografi tahun 2025. Ia meminta seluruh instansi terkait, seperti Posyandu, Puskesmas, dan Dinas Kesehatan untuk serius dan tidak lelah memberikan pelayanan. pendidikan dasar untuk ibu hamil. Pasalnya, 23 persen penyumbang angka stunting adalah ibu hamil yang tidak diberi makan selama hamil.

Keempat, Jokowi juga mengingatkan soal investasi yang masih menjadi perdebatan di setiap negara. Karena itu, ia menekankan untuk memperhatikan persoalan penataan ruang yang masih menjadi persoalan utama.

Semua kepala daerah harus memiliki strategi dan kebijakan yang disusun setelah melihat kondisi di lapangan secara menyeluruh. Di tahun 2023 kita harus berhati-hati. Namun, saya berterima kasih atas kerja sama dan kerja keras Anda, dimulai dengan pandemi Covid-19, yang dapat kami lalui.

Menanggapi arahan presiden tersebut, Danny yang sapaan Ramadhan Bomanto mengungkapkan, pihaknya memiliki sejumlah strategi untuk menjaga inflasi dan isu lainnya agar tetap stabil.

Salah satunya dengan membuka pasar murah dengan menggunakan kontainer yang dibangunnya sejak Covid-19 sebagai tempat menggelar pasar murah.

“Semua kolom kontainer akan kita jaga agar menjadi pasar murah.Presiden juga meminta kita untuk selalu mengecek stok pangan dan harga cabai, beras dan tomat.Alhamdulillah stok kita sangat aman berkat kemandirian masyarakat kita melalui Lorong Wisata. ”

Danny mengatakan, Ini adalah salah satu langkah yang telah dirintis dan dicapai sejak masa jabatan pertamanya dan masih berlanjut hingga sekarang.

Memandirikan masyarakat melalui gang pariwisata dengan membudidayakan berbagai komoditas seperti cabai, beras, tomat dan bawang merah merupakan salah satu hal yang menunjang kelancaran dan stabilitas ekonomi di kota Makassar.

Mengenai masalah stunting sendiri, Danny mengatakan angka stunting di Kota Makassar berangsur-angsur menurun.

Data Dinas Kesehatan Makassar menunjukkan pada 2020 menjadi 10 persen, turun 1 persen menjadi 9 persen pada 2021, dan pada 2022 hanya 5 persen.

“Kita targetkan 0 persen pada 2024. Saya menghimbau untuk memperhatikan gizi dan kesehatan anak pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK). Apalagi kita telah membentuk kelompok kerja kelompok kerja untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu. kematian bayi dan angka kematian bayi berkaitan langsung dengan stunting. Ini merupakan kewajiban pemerintah dan tugas kita bersama.”

Ia berharap langkah-langkah strategis tersebut menjadi solusi untuk melanjutkan kemajuan perekonomian di Makassar dan menjadikan masyarakat mandiri melalui lahirnya pelaku-pelaku baru atau startup-startup dengan produktivitas dan kreativitas yang kompetitif.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …