Amazing Forum PhD Indonesia memprakarsai UU Keadilan Restoratif untuk Stabilitas Ekonomi

NanjombangNews – Forum PhD Indonesia memprakarsai UU Keadilan Restoratif untuk Stabilitas Ekonomi

Jakarta Hukum keadilan restoratif diperlukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dan menjaga pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hukum Keadilan ini diprakarsai oleh Forum Agregasi Doktor Indonesia (Forsiladi) DKI Jakarta di Universitas Muhammadiyah.

Presiden Forsiladi DKI Jakarta, Dr. Tovgorkhman, M. menyatakan.

Presiden Forsiladi DKI Jakarta, Dr. Tufekurkhman, M.Si kepada wartawan usai acara di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Tawfiq menyebutkan ide pembuatan aturan terkait dengan restorative justice, yaitu suatu pendekatan penyelesaian sengketa hukum melalui mediasi antara korban dan terdakwa.

Ia kembali mengatakan “penyelesaian perkara pidana yang melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku atau korban dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan kembali ke keadaan semula dan bukan balas dendam.”

Selain itu, tambahnya, dengan adanya restorative justice system tentu akan menarik investor sebagai pelaku ekonomi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Investor pasti butuh kepastian. Jika konsep restorative justice dikuatkan dalam sebuah undang-undang, tentu akan menguntungkan masyarakat dan pelaku ekonomi. Karena persoalan hukum yang ada bisa diselesaikan secepat mungkin dan tidak akan diselesaikan di pengadilan.”

Gagasan anggota Komisi 3 DPR RI dari Partai Demokrat, Dedic Mokryanto-Forsiladi ini merupakan terobosan bagus untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum yang saat ini cacat. Menurut Didik, kepeduliannya terhadap keadilan sosial harus disikapi dengan baik oleh NPC.

“Saya tertarik dengan gagasan yang dicanangkan oleh Forsiladi DKI Jakarta. Saya menyambut positif gagasan ini, dan kami di RDK akan memperjuangkan usulan hukum restorative justice dari FORSILADI DKI Jakarta,” ujar politikus dari partai penggagas Bintang Belas Kasih itu.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta d. Mamoon Murad menegaskan bahwa keadilan reformis ini juga sesuai dengan aturan Islam.

“Penyelesaian masalah hukum yang tidak saling merugikan akan menciptakan stabilitas politik. Bagi investor tentunya situasi ini sangat penting,” ujarnya.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …