Amazing Bupati Humbahas Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia Tahun 2023

NanjombangNews – Bupati Humbahas Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia Tahun 2023

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor beserta sejumlah kepala daerah lainnya.

Humbahas, Lintangnews.com | Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17) / 1/2023).

Presiden Joko Widodo meresmikan Rakornas dengan tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 dapat dikendalikan di tanah air dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Kita sudah bisa mengatur dan mengelola pandemi dengan baik. Kita juga bisa mengatur dan menjaga stabilitas ekonomi, sehingga kita berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras yang kita semua lakukan,” kata Presiden.

Tingkat vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah mencapai 448 juta dosis injeksi. Diakui Presiden, menyuntikkan 448 juta dosis vaksin bukanlah tugas yang mudah, namun bisa dilakukan berkat dukungan berbagai elemen bangsa.

“Menyuntikkan 448 juta suntikan memang tidak mudah, tapi karena TNI, Bole, semua gubernur, gubernur, walikota, sampai ke tingkat RT/RW semua terlibat. Ini yang membuat kita bisa menyelesaikan Covid-19 dengan baik,” kata Jokowi. .

Menteri Dalam Negeri (Mindagri) Tito Karnavian menjelaskan, kerja sama instansi pusat dan daerah pada 2022 akan mampu menopang pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Tingkat inflasi juga terkendali dengan baik. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi pada September 2022 sebesar 5,95%. Kemudian pada Oktober 2022 turun menjadi 5,71 persen, dan pada November 2022 menjadi 5,40 persen. Tito menambahkan, pada Desember lalu terjadi sedikit peningkatan sebesar 5,51 persen, karena musim perayaan Natal dan Tahun Baru.

Dalam Rakournas, Presiden juga menjelaskan, jumlah Pegawai Negeri Sipil (ASN) saat ini sekitar 4,2 juta orang dan 2,3 juta non-ASN. Jumlah ASN yang besar ini membutuhkan indikator kinerja yang terfokus sesuai prioritas pemerintah, khususnya di bidang investasi, kemiskinan, digitalisasi, inflasi, dan tingkat komponen daerah (TKDN).

Indikator kinerja untuk ini juga akan dibakukan di TNI, POLI dan Kejaksaan. Kemudian dipastikan APBD tersebut dibelanjakan untuk produk lokal, baik langsung, katalog elektronik atau bentuk pembelian lainnya. Katalog elektronik memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan TKDN.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Minban R.

Sehingga model ke depan, reformasi birokrasi akan diarahkan lebih objektif dan fokus pada prioritas pemerintah secara tepat. Peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan, digitalisasi administrasi pemerintahan, pengendalian inflasi, dan pembelanjaan produk lokal melalui katalog elektronik. Sejauh ini, ukuran reformasi birokrasi baru lebih dari sekadar manajemen.

Presiden mengharapkan dampak nyata di masa depan. Jika reformasi birokrasi yang baik berarti penurunan angka kemiskinan, maka pelayanan investasi yang baik berarti tingkat investasi meningkat. Jokowi juga menegaskan saat mengukur indeks reformasi birokrasi untuk memasukkan belanja produk lokal ke dalam katalog elektronik.

Pada rakornas tersebut, dibentuk 4 kelompok. Kelompok pertama membahas tentang pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, dengan pembicara dari Menteri Koordinator (Minku) Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto, Ketua BPS, Margo Yuwono, Gubernur Bank Indonesia (BI), dan Peri Warjiu, Menteri Keuangan (Menkeu). . ), Sri Mulyani, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hassan dan Kepala Badan Pangan Nasional (Papanas), Arif Prasetyo Bodhi.

Kedua, dengan pembahasan mengenai promosi investasi, perampingan dan kemudahan prosedur perizinan perdagangan, menghadirkan narasumber Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Minko Marvez), Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Pahlil Lahadalia , Manban R. B. Abdullah Azor Anas, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Somade, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimolyyono, Menteri Pertanian dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjanto.

Kelompok ketiga membahas penanganan virus corona, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, dengan pembicara Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhajir Effendi, Menteri Kesehatan (MINKS), Budi Gunadi Sadiqin, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziah, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan fisikawan dan matematikawan Yohanes Surya.

Keempat : Membahas Stabilitas Politik, Hukum, Keamanan dan Pengawasan, dimana narasumber memperkenalkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfouz MD, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kapolri, Jend. .Listyo. Sigit Prabowo, Jaksa Agung St. Burhanuddin, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh, dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (anak muda)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …