Wow Pekerja rumah tangga harus melek ekonomi digital

NanjombangNews – Pekerja rumah tangga harus melek ekonomi digital

Jakarta: Di era saat ini, setiap profesi dituntut untuk memahami konsep ekonomi digital, termasuk pekerja rumah tangga (PRT). Sesederhana belajar mentransfer uang dari rekening ke rekening, pekerja rumahan harus bekerja untuk meningkatkan literasi keuangan digital mereka.

Literasi keuangan digital penting agar pekerja rumahan bisa lebih efisien dalam mengelola keuangan sehari-hari. Tidak hanya itu, melalui literasi keuangan digital akan memungkinkan pekerja rumah tangga beradaptasi dengan tantangan masa depan dan mampu memenuhi kesejahteraan keluarganya.

Bekerja sama dengan Women World Banking dan JALA PRT, DANA telah memberikan serangkaian pelatihan intensif keuangan digital kepada lebih dari 12.000 anggota komunitas pekerja rumah tangga. Dalam pelatihan keuangan digital, DANA mengajarkan praktik keuangan digital praktis kepada PRT.

“Kami berupaya menjangkau khalayak yang lebih luas dengan mengajak komunitas pekerja rumah tangga agar lebih efisien dalam menggunakan teknologi finansial dalam kehidupan sehari-hari,” kata Head of People and Corporate Strategy Dana, Augustina Samara, dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 Januari , 2023. .

Ekonomi digital penting di masa depan, dan transformasi digital juga menjadi fokus acara G20. Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga titik fokus isu transformasi digital yang perlu mendapat perhatian, antara lain akses digital yang setara, literasi digital untuk semua, dan lingkungan digital yang aman.

Menurutnya, pemahaman literasi digital sangat penting dan harus menjangkau semua kalangan. DANA sebagai dompet digital Indonesia memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat khususnya pada divisi PRT dan wanita karena merupakan jenis pekerjaan yang banyak diminati terutama di zaman modern seperti sekarang ini, namun pekerjaan ini sepertinya disepelekan oleh banyak pihak.

Berdasarkan data, lebih dari separuh angkatan kerja nasional atau sekitar 70,49 juta orang bekerja di sektor informal dan 61% di antaranya adalah tenaga kerja perempuan (Sakernas dan BPS, 2019). Data terakhir tahun 2015 menunjukkan jumlah PRT di Indonesia diperkirakan mencapai 4 juta orang. Sementara itu, 60-70 persen dari total perkiraan sembilan juta pekerja migran Indonesia adalah pekerja rumah tangga perempuan di luar negeri.

Jangan lupa untuk menindaklanjuti update Dan berita lainnya Mengikuti akun Google News Medcom.id.

(JST)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …