Wow Para penyintas TB di Gresik menikmati gaya hidup yang berdaya secara ekonomi

NanjombangNews – Para penyintas TB di Gresik menikmati gaya hidup yang berdaya secara ekonomi

Untuk itu, PT Smelting memberikan program peduli TB berupa pemberdayaan ekonomi kepada survivor atau mantan penderita TB.

Program Pemberdayaan Ekonomi hadir dalam bentuk bantuan 3 unit kandang dan 60 ekor ayam petelur untuk 3 wilayah eks TB Bungah Kabupaten yang telah ditangani selama ini bekerja sama dengan PT Smelting, Puskesmas Kabupaten Bungah dan Human Initiative.

PT Smelting diwakili oleh Indra SW Junor secara nominal menyerahkan bantuan kepada Rofiqi, Suami Marhumah, penyintas TB dari Mengare, Bungah. Kegiatan ini dilakukan di Desa Indrodelik, Kecamatan Bunjah, Selasa (17/1/2023).

Indra SW Junor, Direktur GA Divisi PT Smelting, menjelaskan pihaknya berkomitmen membantu mengeliminasi pasien TB di Kabupaten Gresik. Tahun 2023 merupakan tahun keempat Program Peduli TB PT Smelting melaksanakan kegiatan eliminasi TB.

“Sejak awal, kami dan Human Initiative mencoba mengedukasi masyarakat untuk menginformasikan kepada kami bahwa jika ada pasien TB dapat dibawa ke kami untuk ditolong,” ujar Indra SW Junor.

Ia mengatakan, bantuan tersebut tidak hanya membantu mengobati pasien hingga sembuh, tetapi juga mencakup aspek lainnya. Diantaranya adalah renovasi rumah agar cukup sanitasi dan sirkulasi yang sehat di dalam rumah.

Selanjutnya, pasien yang sudah sembuh atau sebelumnya menderita tuberkulosis dilatih dalam pemberdayaan ekonomi dan pengembangan kegiatan.

“Seperti yang kami lakukan di Desa Indru Dilek, Kecamatan Bunga, ada 3 eks pasien TBC yang sembuh, dan kami memberikan bantuan berupa kandang ayam, ayam petelur dan peralatan inkubasi. ,” ujar Indra SW Junor. Atas inisiatif Hammam untuk disalurkan kepada pasien TB lainnya agar mendapat gizi yang cukup dan protein yang cukup.”

Dengan pola seperti itu, tambah Indra, mantan penderita TB bisa beraktivitas di rumah masing-masing. Kemudian kegiatan ekonomi dikelola dengan bantuan saudara ipar dan hasilnya digunakan untuk kepentingan pasien lainnya.

Di tempat yang sama, Dr. Nanang, Kepala Puskesmas Bunga, mendukung upaya PT Smelting untuk membantu pasien TBC di wilayahnya. Sinergi antara Dinas Kesehatan Gresik melalui Puskesmas Bungah dan PT Smelting tidak hanya mampu memberantas penderita TBC, tetapi juga dapat meringankan masalah sosial.

“Kami merawat pasien TB agar sembuh dengan pengobatan dan bantuan medis. Sedangkan peleburan membantu kebutuhan nutrisi, merehabilitasi rumah sehat, memberikan beasiswa dan mendukung usaha peternakan ayam petelur. Sinergi semacam ini sangat baik dan mampu menyelesaikan semua masalah, tidak hanya TBC tetapi juga masalah sosial para mantan pasien,” kata dr. Nanang. (ingin)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …