Wow Banyak momen besar, sektor gairah Mamin diharapkan di semester pertama

NanjombangNews – Banyak momen besar, sektor gairah Mamin diharapkan di semester pertama

Surabaya – Diharapkan bisnis entertainment kembali bergairah. Salah satunya adalah Penyedia Jasa Makanan dan Minuman (MAMEN). Kinerja industri diperkirakan akan pulih pada paruh pertama tahun 2023.

Sejak dicabutnya Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kinerja positif industri mulai terlihat, kata Presiden Asosiasi Pelopor Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Tjahjono Haryono. Saat itu, kemampuan performanya kembali normal. Katanya, sudah menyentuh 100 persen. “Tapi okupansi rata-rata masih 80 persen,” ujarnya Senin (16/1).

Ia menilai daya beli masyarakat di sektor ini masih cerah. Pasalnya, saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), mereka menaikkan tingkat hunian meski masalah ekonomi lemah sangat merajalela. “Tahun ini kami lebih optimistis,” katanya.

Menurutnya, momen-momen besar tersebut sangat dekat satu sama lain di paruh pertama tahun 2023. Setelah Tahun Baru, di akhir Januari ada perayaan Tahun Baru Imlek. Dia tidak berhenti, minggu kedua bulan Februari ada momen Hari Valentine.

Berikutnya adalah periode Maret hingga April yang merupakan puncaknya. Ini adalah momen Ramadan dan Idul Fitri. Menurutnya, saat ini performa Mamin selalu naik. “Akhir Mei dan Juni akan ada libur sekolah. Oleh karena itu, selama enam bulan, Moments terus melakukan promosi dan menarik konsumen masuk jajarannya.”

Dengan semua faktor tersebut, dia berharap industri kuliner bisa tampil sebaik sebelum pandemi. Ini juga merupakan karakteristik dari perwakilan bisnis yang sedang berkembang. Selain menghadirkan kembali cabang yang tutup selama pandemi. “Dia sudah terlihat sejak awal tahun,” jelasnya.

Pada kuartal kedua ini juga diperkirakan kinerja kafe dan restoran bisa berkembang. Dia optimistis kinerja industri akan terus melaju meski tidak memiliki momen besar sebanyak semester I. Tjono menilai, perusahaan dan institusi membelanjakan lebih dari anggarannya selama periode itu. “Tentu ini akan mempengaruhi penataan teman-teman pelaku menjadi lebih ramai,” jelasnya.

Ia berharap tidak ada faktor mendadak lainnya yang mengganggu pergerakan masyarakat. Sehingga industri kuliner bisa mengalami pertumbuhan riil pertamanya sejak pandemi. Dia memperkirakan kinerja sektor ini bisa tumbuh 15-20 persen tahun ini. “Pelaku industri harus optimis dan menyiapkan beberapa strategi untuk menarik konsumen,” imbuhnya. (Salam / Nur)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …