Mantap Potensi investasi hilirisasi transparan Rp 8.280 triliun!

NanjombangNews – Potensi investasi hilirisasi transparan Rp 8.280 triliun!

BisnisDavos – Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah mengidentifikasi potensi hilirisasi investasi di delapan sektor prioritas yang mencakup 21 komoditas strategis dengan total US$545,3 miliar atau Rp8.280 triliun (kurs Rp15.185 per dolar AS) .

Menteri Penanaman Modal/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan target investasi sebesar Rp 1.200 triliun pada 2022 dapat tercapai, dan ditargetkan tumbuh sekitar 17 persen menjadi Rp 1.400 triliun pada 2023.

Target investasi tersebut sejalan dengan ambisi pemerintah untuk menjaga ekonomi tahun ini tumbuh di atas 5 persen ketika defisit anggaran pemerintah kembali normal dari sekitar 4-5 persen PDB menjadi kurang dari 3 persen PDB Indonesia.

“Jadi total potensi investasinya adalah 545,3 miliar dolar AS, itu angka yang fantastis. Ini salah satu syarat negara kita bergerak dari negara berkembang menjadi negara maju,” ujarnya di Paviliun Indonesia di Davos, Swiss, pada hari Selasa. (17/1/2023).

Salah satu potensi investasi yang akan terus didorong pengembangannya ke depan adalah penyulingan di berbagai sektor strategis. Bahleel mengatakan BKPM telah menyusun roadmap investasi strategis di bidang pengolahan dan produksi, yang mencakup delapan sektor prioritas dan 21 komoditas unggulan.

Kedelapan sektor prioritas tersebut meliputi mineral, batubara, minyak bumi, gas bumi, peternakan, kelautan, perikanan, dan kehutanan.

Bahlil menjelaskan secara rinci potensi investasi pertambangan mineral batu bara sebesar US$427,1 miliar, minyak dan gas US$67,6 miliar, serta peternakan, hutan, perikanan, dan kelautan US$50,6 miliar.

Secara lebih rinci, 21 komoditas strategis yang masuk dalam Roadmap Hilirisasi BKPM antara lain batubara, nikel, timah, tembaga, bauksit, baja, emas, perak, aspal, minyak bumi, gas, sawit dan minyak kelapa, karet, biofuel, dan kayu gelondongan. Resin pinus, udang, perikanan, lobster, rumput laut, dan garam.

Menurut Bahleel, penghapusan nikel adalah contoh yang akan mendorong nilai ekspor dari $3,3 miliar menjadi $20,9 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan mencapai $29 miliar-$30 miliar pada tahun 2022.

“Ini hanya satu komoditas, belum lagi kenaikan pajak, peningkatan daya saing, dan neraca perdagangan kita, jadi kita tidak mau berakhir dengan nikel. Pemisahan “Dengan peta itu, ada 21 komoditas,” imbuhnya.

Bahlil menambahkan, pemerintah sedang merancang insentif bagi calon investor yang berpartisipasi dalam proyek kilang di Indonesia. Pastikan insentif pajak ini Pembebasan pajak Dan mengizinkan pajak Investor masih bisa bersenang-senang. Apalagi, lanjut, BKPM akan memfasilitasi perizinan.

“Kalau mau pertumbuhan ekonomi tinggi, perputaran uang harus tinggi. Kita butuh investasi asing langsung.” [foreign direct investment]”Penghapusan masih berlaku,” kata Bahleel.


Lihat berita dan artikel kami yang lain di berita Google

Tonton video unggulan di bawah ini:

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …