Mantap Pengembangan IKN mampu mengurangi sekat antara Jawa dan lainnya

NanjombangNews – Pengembangan IKN mampu mengurangi sekat antara Jawa dan lainnya

Upaya harus dilakukan agar IKN ini dekat dengan Jakarta dan amenitas dari Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pembangunan Ibukota Negara (IKN) dinilai berdampak positif bagi pembangunan. Salah satunya, dapat mengurangi sekat antara pulau Jawa dengan pulau lainnya.


“Bagi saya, saya mengapresiasi perkembangan IKN ini secara positif. Karena bisa berdampak pada pengurangan sekat antara Jawa dan pulau lain atau sekat antara Barat dan Timur,” ujar Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mullurman/Fakultas Ekonomi . Unmul, Dr. Michael SE menerima AKU saat masuk Republika.co.idSenin (16/1).


Dikatakannya, untuk melihat progres apa yang terjadi sebagai hasil pengembangan IKN, harus dilakukan studi banding sebelum dan sesudah pengembangan. Jadi, tidak bisa hanya dilihat saja.


“Misalnya untuk melihat peningkatan aset masyarakat harus dilihat sebelum dan sesudah dibangun IKN, serta kemudahan akses dan pendapatan warga,” ujarnya.


Ini sangat penting, kata dia, karena sampai saat ini belum ada yang terpikir ke sana. Tanpa studi banding ini, kemajuan tidak dapat dibenarkan.


“Saya berharap IKN ini tetap bisa dibangun seperti ini, sehingga IKN ini harus diupayakan dekat dengan Jakarta dan fasilitas dari Jakarta bahkan bisa lebih dari Jakarta. Apa gunanya membangun IKN jika tidak ada kedekatan dan fasilitas.”


Dikatakannya, IKN ini merupakan kunci pembangunan di sisi ekonomi daerah/daerah dan nasional secara makro. Berikutnya adalah kemampuan pemerintah dalam kebijakan ekonominya dan kemampuan bank sentral untuk melindungi keempat pasar tersebut. Mereka adalah pasar komoditas/sektor riil, pasar uang, pasar tenaga kerja, dan pasar saham.


“Kalau keempat pasar ini memang bisa dikelola dalam IKN, maka IKN pasti bisa terwujud sebagai pusat peradaban baru,” ujarnya.


Dikatakannya, untuk melihat peningkatan perekonomian akibat perkembangan IKN, volumenya dapat ditentukan dengan peningkatan pendapatan nasional, peningkatan aset penduduk dan pengembangan aksesibilitas.


Menurutnya, jika ketiga indikator tersebut tidak dapat dipenuhi dalam pembangunan IKN, maka secara ekonomi IKN ini tidak akan mencapai tujuan pembangunan. Dalam jangka panjang yang bisa diharapkan, IKN ini harus bisa mendekati perkembangan yang dicapai Jakarta saat ini.


“Ada dua hal yang bisa kita lihat, yang pertama kedekatan, artinya IKN ini minimal sama dengan Jakarta sekarang, kalau bisa lebih dari Jakarta,” katanya.


Kedua, katanya, fasilitas, IKN sendiri harus menyediakan berbagai fasilitas, baik itu pendidikan, rumah sakit, atau apapun yang dibutuhkan masyarakat setempat. Fasilitas ini tidak hanya dalam skala regional/nasional, jika memungkinkan bahkan internasional.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …