Presiden Republik menugaskan tiga menteri untuk mengumpulkan korban pelanggaran HAM berat

NanjombangNews – Presiden Republik menugaskan tiga menteri untuk mengumpulkan korban pelanggaran HAM berat

Senin, 16 Januari 2023 | 14:36 ​​WIB

| staf :

Editor: beruntung s

Jakarta, InfoPublik – Presiden RI Joko Widodo menugaskan tiga menteri untuk mempertemukan WNI korban pelanggaran HAM berat di Eropa Timur dalam rangka pemulihan hak.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Mankopolukam), Mahfouz MD, terkait langkah penjemputan korban pelanggaran HAM berat di Eropa Timur, melalui Sekretariat Presiden di YouTube, Senin (16/1/2023). )

“Sementara itu Menteri Luar Negeri (Menlo) dan Menteri Hukum dan HAM (Munkhamham) dan saya sudah dilantik,” kata Mahfouz.

Mahfouz mengatakan para korban akan dikumpulkan nanti di Jenewa, Swiss, Amsterdam, Belanda atau Rusia.

Mahfouz menegaskan, para korban memiliki hak sebagai warga negara Indonesia.

“Tuan Mingcomham dan saya serta Sekretariat Negara telah dipercaya untuk mempersiapkannya, agar nanti suratnya dapat dikirim ke luar negeri dan tim ini tidak bermain,” katanya.

Sementara itu, Mahfouz mengatakan Presiden Jokowi akan bertemu langsung dengan para korban atau kerabatnya di Indonesia, seperti di Aceh, Papua, dan Lampung.

Menurut dia, presiden akan memberikan santunan kepada seluruh korban pelanggaran HAM berat.

“Ya, ini yang utama dan tidak hanya korban G30S, kami juga memberikan penghormatan kepada korban lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Mahfouz menyambut baik apresiasi yang disampaikan Dewan HAM PBB kepada Presiden RI Joko Widodo dan Pemerintah Indonesia terkait pengakuan pelanggaran HAM berat di masa lalu.

“Setelah beredar di media nasional dan publik kita, Dewan HAM PBB kini mengapresiasi kebijakan Pemerintah Indonesia dalam upaya penyelesaian pelanggaran HAM berat di masa lalu sebagaimana dilaporkan tim PPHAM yang telah ditindaklanjuti oleh Presiden,” dia berkata. Mahfouz melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Minggu (15/1/2023).

Keterangan Foto: Tangkapan Layar – (kiri-kanan) Menteri Sosial Trey Raismaharini, Menko PMK Muhajir Effendi, Menko Polhukam Mahfouz, Minkumham Yasuna Hamunangan Lawley dan Menteri Partai Komunis Pakistan Basuki Hedimuljono memberikan sambutan kepada wartawan di kantor Kepresidenan Republik di Jakarta, Senin (16/1/2023). (Sekretariat Presiden, YouTube)


Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan mengutip sumbernya InfoPublik.id

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …