Pelamar PPS mulai menjalani tes wawancara

NanjombangNews – Pelamar PPS mulai menjalani tes wawancara

TEGALDLIMODan Radar Tiles Jawa Pos – Setelah dinyatakan lulus tes tertulis, calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjalani tes wawancara kemarin (15/1). Tes wawancara merupakan tahap akhir sebelum pengumuman pelamar yang lolos seleksi dan dilanjutkan dengan pelantikan anggota PPS terpilih.

Inilah yang dilakukan pendaftar PPS dari empat kabupaten, Srono, Cloring, Muncar, dan Tegaldlimo. Mereka telah menjalani ujian yang sangat kritis di Kantor Camat Tegaldlimo.

Tes wawancara calon pelaksana pilkada di tingkat desa dipantau secara langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi Doi Anggrani Rahman. Tes wawancara itu ditengarai diikuti oleh calon PPS yang lolos tes tertulis KPU pada Kamis (12/1). “Caleg PPS harus datang untuk mengikuti seleksi akhir ini, jika tidak datang atau tidak bisa hadir otomatis akan gugur,” jelasnya.

Sesuai teknik yang disiapkan KPU Banyuwangi, jelasnya, tes wawancara dibagi menjadi beberapa daerah pemilihan (dapil) yang dipimpin oleh korwil. “Dabel 3 yang meliputi kecamatan Serono, Muncar, Cloring dan Tejaldelimo ini adalah koordinator wilayah saya,” ujarnya.

Menurut Doi, pembagian tes wawancara berdasarkan konstituen dimaksudkan untuk mempersingkat waktu pelaksanaan tes wawancara. “Karena sudah sewajarnya jadwal“Hanya ada tiga hari dari hari ini (kemarin) sampai Selasa (17/1),” ujarnya.

(Lugas Rumpakadi/RadarBanyuwangi.id)
HARAPAN: Puluhan calon PPS dari empat kecamatan menunggu giliran mengikuti tes wawancara di Kantor Kecamatan Tegaldlimo, kemarin siang (15/1). (Lugas Rumpakadi/RadarBanyuwangi.id)

Tes wawancara kemarin, lanjut Dwi, berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00. Untuk hari ini (16/1) dan besok (Selasa 17/1), mulai pukul 13.00 hingga 18.00. Usai tes wawancara, PPS terpilih akan diumumkan pada Rabu (18/1), dan dibuka pada Selasa (24/1). “Lokasi pembukaan akan menyusul karena kami belum mengadakan pertemuan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komisi Pengawas Pemilihan Umum Daerah (PANWASCAM) juga melakukan supervisi tes wawancara. “Pengawasan ini sesuai dengan instruksi Bawaslu Banyuwangi,” ujar Banwakam Coloring, Ahmed Habib Vitra.

Instruksi tersebut, dijelaskan dalam Fitra, tertuang dalam Surat No. 010/PM.002/K.JI-02/01/2023 tanggal 14 Januari 2023.” Intinya, Panwascam diperintahkan untuk melakukan pengawasan selama proses tes wawancara berlangsung. bahwa dia dalam genggaman KPU Banyuwangi.”(cw3/api/ Sersan)

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …