Amazing Visi pariwisata yang diciptakan oleh Soekarno

NanjombangNews – Visi pariwisata yang diciptakan oleh Soekarno

Puss, Kompas.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Thuhir mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus Sanur, Bali pada Senin (16/1/2023). Dalam kunjungannya, ia mengungkapkan Sanur awalnya dibangun berdasarkan visi Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, untuk memajukan pariwisata Indonesia.

“Kabupaten Sanur yang dibangun atas dasar visi pariwisata yang dicanangkan oleh Presiden Pertama Sukarno untuk memajukan Indonesia di kancah pariwisata internasional, ditransformasikan oleh Kementerian BUMN menjadi destinasi wisata komprehensif yang berfokus pada wisata kesehatan dan kebugaran,” kata Eric. dalam siaran pers.

Eric Thuhir mengatakan, di lahan seluas 41,26 hektare, saat ini sedang dibangun fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan klinik berstandar internasional bekerja sama dengan rumah sakit terbesar di Amerika Serikat, Mayo Clinic, dan revitalisasi Bali. Beach Hotel atau Grand. Pantai Inna Bali (GIBB), Pusat kongres, taman etnobotanisampai Pusat perbelanjaan Untuk menampung usaha kecil dan menengah.

Baca Juga: KEK Sanur diyakini mampu menampung 43.000 pekerja

Ia melanjutkan, “Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Sanur yang mengintegrasikan sektor kesehatan dengan pariwisata bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang komprehensif, transformasi ekonomi digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.”

Mantan presiden Inter Milan itu melanjutkan, Bali memiliki potensi besar untuk menjadi medical tourism hub di Asia Tenggara sehingga berdampak luas bagi peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

“Kabupaten Sanur Bali dipilih tidak hanya karena faktor sejarah dan peninggalan presiden pertama kita, Sukarno, tetapi juga untuk memajukan gagasan awal, dengan adanya KEK kesehatan ini, kita memanfaatkan keindahan Bali untuk melayani pasien. mencapai pelayanan kesehatan kelas dunia.”

Baca Juga: Eric Thuhir: BUMN Potensi Untung Tahun 2022 Rp200 Triliun

Eric mengungkapkan, pembangunan Hotel Bali Beach atau GIBB sebagai salah satu warisan yang direnovasi di KEK Sanur merupakan hotel rancangan Bung Karno yang dibangun pada 1963 dan selesai pada 1966.

Dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Sanur yang meliputi BUMN In Journey, Hotel Indonesia Natour (HIN), Nindya Karya, Indonesia Healthcare Corporation (IHC), PP, jumlah kamar hotel akan ditambah dari 246 kamar menjadi 274 kamar dengan lebih banyak bangunan Kebaruan dan konsep kamar modern.

“Dengan perkembangan ini, Sanur akan semakin mengglobal sebagai wisata kesehatan bertaraf internasional,” jelas Eric.

Mentransformasi kawasan wisata Sanur merupakan upaya revitalisasi kedua Eric Thuhir atas warisan Soekarno. Sebelumnya, Eric juga mengubah Sarina Trade Center yang dibangun Bung Karno pada 1962 menjadi tempat kolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif sekaligus hub usaha mikro, kecil, dan menengah nasional.

Baca juga: Eric Thehir: Qatar siap investasi $80 juta di Labuan Bajo


Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan Berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …