Amazing DPRD dorong Pemkab Kowloon Progo buka investasi padat karya – Berita Antara Yogyakarta

NanjombangNews – DPRD dorong Pemkab Kowloon Progo buka investasi padat karya – Berita Antara Yogyakarta

Kowloon Progo (Antara) – Ketua Panitia IV DPRD Kabupaten Kowloon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta Muhtarom Asrori mendesak pemerintah daerah membuka investasi padat karya dan mendirikan kampus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keluar dari zona kemiskinan.

Masalah kemiskinan bisa cepat teratasi jika banyak berdiri universitas dan industri padat karya di suatu daerah, kata Mahtarom Asrori di Cologne Progo, Senin.

“Pemerintah Kabupaten Kowloon Progo harus bertanggung jawab melakukan pendekatan ke kampus universitas guna membangun kampus universitas di Kowloon Progo. Selain itu membuka investasi padat karya sebanyak mungkin,” kata Muhtarom.

Dikatakannya, Kabupaten Kolon Progo berada di kawasan strategis atau di tengah. Nantinya, mahasiswa bisa berasal dari Purworejo dan Kebumen. Izin ini harus difasilitasi.

Dikatakannya, “pendirian kampus ini akan mengarah pada perkembangan ekonomi sekitar, khususnya usaha-usaha baru. Harapannya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Efeknya mengurangi kemiskinan.”

Apalagi pemerintah Kabupaten Kowloon Progo harus membuka seluas-luasnya sistem industri padat karya. Artinya mendirikan pabrik yang menyerap banyak tenaga kerja. Hal ini berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat yang bekerja di sana.

“Dua hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan angka kemiskinan yang signifikan. Izin investasi seharusnya dipermudah, bukan dipersulit,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Wali Amanat Kowloon Progo Tri Saktiana mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kowloon Progo sudah yang tertinggi di kabupaten/kota di DIY, namun angka penurunan kemiskinan untuk tahun 2022 juga yang tertinggi di DIY yaitu 1,99 poin persentase dari 18,38 persen. menjadi 16,39 persen.

“Inti pengentasan kemiskinan adalah validasi data, pengurangan beban masyarakat miskin dan pemberdayaan masyarakat miskin,” ujar Tri Sakthiana.

Dikatakannya, angka kemiskinan di Kowloon Progo menurun hampir 2%, yang merupakan angka tertinggi dibandingkan kabupaten/kota di DIY. Dia berharap, laju pengentasan kemiskinan akan meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk itu, Pemkab Kowloon Progo mengutamakan validasi data, pengurangan beban dan pemberdayaan masyarakat miskin.

Tiga hal ini akan terus dilakukan Pemkab Kowloon Progo untuk mengurangi angka kemiskinan. Hanya saja, perbedaan penanganan kemiskinan di tingkat akar rumput berbeda-beda sesuai dengan dinamika dan keadaan.

“Misalnya, ketika Keluarga A dua tahun lalu mendapat program bantuan beban dan ada kemajuan. Tahun 2023, tidak lagi meringankan beban, tapi justru menuju pemberdayaan masyarakat miskin,” ujarnya.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …