Mantap Wilmar menyoroti partisipasi Menteri Perdagangan dalam menciptakan kelangkaan minyak nabati pada tahun 2022

NanjombangNews – Wilmar menyoroti partisipasi Menteri Perdagangan dalam menciptakan kelangkaan minyak nabati pada tahun 2022

Jakarta, CNNIndonesia

Pengacara Grup Wilmar Ricric Rizkiana mencurigai salah satu alasannya Kelangkaan minyak goreng Pengemasan pada tahun 2022 adalah kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.

Salah satu aturan yang dia maksud adalah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Kemasan untuk Kebutuhan Masyarakat yang Dibiayai Badan Pengelola Dana Budidaya Kelapa Sawit.

Rickerek menegaskan, aturan tersebut hanya mengatur harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan. Padahal, konsumsi minyak terbesar berasal dari minyak curah. Selain itu, harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dunia yang meningkat menyebabkan kenaikan harga minyak goreng secara simultan. Termasuk harga minyak goreng curah.

“Permendag No. 3 (2022), Minyak Goreng Curah (HET) yang Tidak Diatur, yang terjadi Indonesia mengkonsumsi curah (pendatang) sekitar 60-70 persen dan 30-40 persen (pendatang). , Minggu (15/1) , Jan 2022 (Migran) Rs.14.000 dalam kemasan dan Rs.18.000 dalam jumlah besar. Barang yang dianggap berkualitas lebih baik lebih murah.”

Menurutnya, karena harga minyak goreng kemasan lebih murah dari harga minyak curah, begitu pula masyarakat Pembelian impulsif untuk tidak sengaja menimbun. Apalagi menurutnya, kelangkaan tersebut hanya terjadi di ritel modern.

“Terjadi atau terjadi Pembelian impulsif Di retail modern dan cepat habis terjual. Jadi sepertinya ada kelangkaan, karena tidak ada lagi yang mau membeli minyak curah.”

Rickerek mengatakan, kebijakan pemerintah tidak bisa menyelesaikan masalah harga yang tinggi dan kelangkaan minyak goreng. Di sisi lain, intervensi pemerintah justru menciptakan ketidakpastian di pasar lokal dan memperparah kondisi masyarakat.

KPPU juga menilai kebijakan pemerintah tidak menjadi akar penyebab kelangkaan minyak goreng tahun lalu.

“Dalam hal ini KPPU mengabaikan peran kebijakan pemerintah yang menjadi akar permasalahan dan menuduh produsen yang hanya patuh pada kebijakan pemerintah sebagai penyebab tingginya harga dan kelangkaan minyak goreng,” kata Rickerik.

Sebelumnya, KPPU menduga ada 27 perusahaan dari 13 kelompok usaha berbeda yang menetapkan harga minyak goreng, lima di antaranya Wilmar Group. Jaringan perdagangan ini biasa disebut kartel.

Selain itu, para terlapor diduga melanggar Pasal 19 C Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dengan melakukan pembatasan peredaran dan/atau penjualan minyak goreng kemasan yang terjadi secara bersamaan pada waktu yang sama pada periode Januari 2022 sampai dengan Mei 2022.

Inilah salah satu hal yang menurut KPPU menyebabkan kelangkaan minyak goreng tahun lalu. Namun, kuasa hukum Willmar Group, Fred Nasution, menilai banyaknya orang yang terlapor dalam kasus ini membuat penegakan kartel harga menjadi sangat sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan.

“Hal ini diperkuat dengan keterangan saksi yang dihadirkan baik oleh penyidik ​​maupun pelapor yang mengaku tidak mengetahui adanya koordinasi antara pengusaha untuk menaikkan harga jual,” kata Farid.

Farid melanjutkan, penyidik ​​KPPU juga tidak bisa membuktikan bahwa pembatasan peredaran minyak goreng itu dilakukan oleh produsen. Hal ini karena produsen minyak goreng tidak menguasai rantai distribusi minyak goreng yang panjang. Rantai ini dimulai dari produsen, distributor, sub distributor, agen, grosir, swalayan/toko swalayan, pengecer bahkan konsumen akhir.

“Berdasarkan keterangan saksi di persidangan, kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng bukan karena masalah produksi, tapi karena tingginya harga CPO dan pemberlakuan HET serta pembatasan distribusi. kepada produsen yang menghentikan pasokan,” kata Farid.

(CFD/WIS)

[Gambas:Video CNN]


Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …