Catatan penting Safi Maarif tentang Anwar Ibrahim

NanjombangNews – Catatan penting Safi Maarif tentang Anwar Ibrahim

Timisendonesia, Jakarta – Sebelum Anwar Ibrahim terpilih menjadi Perdana Menteri Malaysia, dia menempuh jalan yang sangat terjal dan pahit dalam waktu yang lama.

Ya, sebelum mengambil alih negara tetangga, dia menjadi tahanan politik selama bertahun-tahun.

iklan

Selama masa kepresidenan Perdana Menteri Mahathir, pada tahun 1999, dalam persidangan kontroversial, dia dijatuhi hukuman enam tahun penjara atas tuduhan korupsi, dan setahun kemudian dia dijatuhi hukuman tambahan sembilan tahun penjara karena sodomi.

Pengadilan Federal Malaysia kemudian mencabut tuduhan sodomi dan Anwar dibebaskan dari penjara pada tahun 2004. Namun, pada Juli 2008 ia ditangkap lagi karena sodomi terhadap seorang asisten pribadi.

Pada 7 Maret 2014, dia dinyatakan bersalah melakukan sodomi dan dijatuhi hukuman 5 tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi.

Pengamat politik internasional mengatakan, keluar masuknya Anwar Ibrahim dari penjara hanya karena mengkritik pemerintah saat itu. Salah satunya karena dia selalu mengarahkan “serangan” kepada pemerintah karena korupsi kronis di negaranya.

Catatan penting tentang pengetahuan

Kepedihan perjalanan politik Anwar Ibrahim sangat diperhatikan oleh seorang tokoh Indonesia, Ahmed Pendekar kenalan. Mantan Ketua Umum Partai Rakyat Muhammadiyah itu sendiri meninggal dunia pada 27 Mei 2022.

Ia mengatakan dalam bukunya yang berjudul “Breaking the Crisis” bahwa ketika mengetahui Anwar Ibrahim dibebaskan dari penjara pada tahun 2004, ia langsung menghubungi rekan-rekannya di Indonesia.

“Saat itu saya sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Aceh. Tak ayal saya menyampaikan kabar gembira tersebut kepada teman-teman transit antara lain Pong Rindra, Rizal Sukma, Geoffrey Giovanni, Munir Mulkhan dan Azyumardi Azra yang bersiap berangkat ke Turki dari Paris dengan Abdullah Jamnastyar.”

Menurut Siyafi Maariv, tidak ada teman-temannya yang merasa lega mendengar pembebasannya karena drama politik yang memakan korban telah berlalu.

Siyafi Maariv mengatakan, meski tidak terlalu dekat dengan Anwar Ibrahim sejak akhir 1970-an, saat itu ia masih kuliah di Universitas Ohio di Athena, Amerika Serikat.

“Karena saya tinggal di asrama dengan teman-teman Malaysia, dan Anwar mampir di Athena, kenalan itu terjadi. Sebagai pendiri dan tokoh senior Angkatan Pemuda Islam Malaysia (ABIM), yang secara politik lebih dekat dengan Partai Islam Malaysia (PAS) daripada Ke United Malays National Organization (UMNO), masuknya Anwar ke Mahathir pada awal 1980-an menimbulkan banyak tanda tanya di kalangan Santri Malaysia, lalu apa yang terjadi?

Mengapa Anwar setuju bergabung dengan UMNO, pesaing terkuat PAS? Syafy Maariv mengatakan, beberapa tahun lalu, pertanyaan ini ada dalam suasana politik negara tetangga.

Jangan percaya Anwar Ibrahim korupsi dan sodomi

Ia menyebut Anwar dicopot dari jabatan perdana menteri, kemudian diadili dan dipenjara atas tuduhan terlibat korupsi dan kemudian sodomi. Dia mengatakan bahwa tidak ada seorang pun di dunia bebas yang percaya bahwa Anwar Ibrahim adalah orang yang dituduh.

“Ada perasaan bahwa muatan politik dalam tuduhan itu sangat berat. Namun, kekuasaan pada waktu tertentu, pada periode tertentu, dapat menekan peradilan bahkan mendikte agar berpihak pada penguasa. Dan Mahathir adalah sang penguasa. otak pembaru ekonomi di Malaysia.Kebijakan ekonomi barunya yang telah menjadi Pada awal 1980-an, keras dan otoriter dalam gaya kepemimpinannya.

Kenalan Sayyafy mengatakan bahwa Mahathir juga dikenal sebagai “Sukarno Kecil”. Bedanya, Sukarno, seorang pemimpin romantis yang gagal membangun perekonomian bangsanya, sedangkan Mahathir, seorang pragmatis lihai yang meraih sukses besar.

“Itulah mengapa Mahathir bisa bertahan begitu lama dan kemudian mengundurkan diri secara sukarela, sedangkan Sukarno harus mengakhiri karir politiknya dengan cara yang buruk dan meninggalkan warisan luka,” katanya.

Lanjutnya, di bawah Mahathir, jangan biarkan dua matahari terbit bersamaan. Anwar populer, pidatonya memukau, dan bahasa Inggrisnya setara dengan gurunya. Sedangkan dalam bahasa Melayu, Anwar jelas unggul karena pernah menjadi mahasiswa program studi Melayu.

Di sinilah saya melihat ketidaksabaran Anwar untuk menunggu hingga matahari Mahathir sedikit meredup, karena sejak awal Mahathir sudah mengisyaratkan bahwa penggantinya adalah Dato’ Anwar Ibrahim karena dia sangat menyadari kemampuannya untuk melanjutkan kepemimpinannya di kemudian hari. Malaysia yang ekonominya tumbuh pesat.”

Namun, tulis Syafy Maarif, semua harapan yang semula manis pupus sudah. Mahathir sangat curiga dengan langkah Anwar baru-baru ini.

“Konon pendukung Anwar sebenarnya ada kelompok yang ingin mengambil jalan pintas, mengakhiri karir politik Mahathir sebelum dia memberi isyarat ke arah itu. Nampaknya inilah yang menyebabkan malapetaka dan benturan keras dalam politik Malaysia,” jelasnya. .

Pemalsuan tuduhan terhadap Anwar Ibrahim

Kedua tokoh ini berasal dari wilayah utara Malaysia, yaitu Kedah dan Penang. Keduanya memiliki darah India, meski ke-Indian Mahathir lebih terasa. Bentrokan politik antara Mahathir dan Anwar menimbulkan guncangan demi guncangan.

“Mungkin karena Mahathir begitu terganggu melihat kelakuan Anwar, berbagai tuduhan direkayasa, bahkan yang keji,” katanya.

Lebih dari itu, menurut Siyafi Maariv, di luar akal sehat, manusia tidak bisa menerima bahwa perlakuan polisi Malaysia yang memukuli Anwar di penjara menyebabkan punggungnya terluka parah. Juga, pelarangan berobat ke luar negeri adalah cara yang tidak pantas bagi orang beradab.

“Namun, apakah politik kekuasaan pada saat-saat tertentu mengenal kesopanan? Sekarang drama Melayu sudah berakhir. Mahathir heran kenapa Anwar bebas, tapi Anwar tidak akan menggugat Mahathir lagi,” jelasnya.

“Perdana Menteri Abdullah Ahmed Badawi yang menurut Anwar tidak ikut campur dalam proses peradilan, tentu saja semakin terkenal. Kami berharap Anwar Ibrahim lebih bijak dalam membuat kalkulasi politik, jika di masa depan ia tetap menjadi dunia yang penuh bahaya, ” dia berkata.

**) Ikuti berita terbaru kali Indonesia di dalam berita Google

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …