Mantap Sejumlah besar PHK startup Di AS, ruang kantor kosong naik 27,6 persen

NanjombangNews – Sejumlah besar PHK startup Di AS, ruang kantor kosong naik 27,6 persen

NanjombangNewsJakarta – Pasar perkantoran di New York dan San Fransisco, AS mengalami lonjakan tingkat kekosongan sebesar 27,6 persen akibat pemutusan hubungan kerja massal (PHK) di perusahaan teknologi.

Berdasarkan laporan dari broker Bankir Coldwell Richard Ellis (CBRE) Grup Inc. Angka ini lebih tinggi 3,7 persen dibandingkan saat pandemi Covid-19.

berdasarkan bloombergSabtu (14/1/2023) Peningkatan pasokan ruang perkantoran di dua kota tersebut terjadi sebagai dampak dari penurunan biaya perseroan.

Ruth Kolb-Haber, kepala eksekutif konsultasi real estat di Wharton, memperkirakan penyerapan ruang akan melambat tahun ini, karena biaya pinjaman meningkat dan ekonomi memasuki potensi resesi, sehingga membatasi kemampuan manajer untuk menarik penyewa baru.

“Semua biaya operasional gedung naik, biaya konstruksi dan tenaga kerja naik. Ini semua biaya sehari-hari mereka untuk membuka gedung mereka untuk bisnis. Dan kemudian, dari segi pendapatan, harga sewa akan turun. ”

Di sisi lain, banyak bank dan dana hipotek ingin mengurangi eksposur mereka terhadap aset real estat komersial yang berisiko, terutama kantor, karena pasokan ruang meluas secara nasional dan nilainya turun.

Data CBRE di New York menunjukkan pada kuartal keempat 2022, pasokan ruang kantor yang tersedia di pasar naik menjadi 19,2 persen dari 18,8 persen.

Sebagian besar pesanan diarahkan ke kantor baru, sehingga ruangan lama tidak memiliki daya tarik. Bahkan, harga sewa turun 27 persen dari rata-rata lima tahun dalam lima tahun terakhir.

Beberapa perusahaan yang telah melakukan pengurangan biaya operasional yang signifikan adalah Salesforce Inc. dan Compass Inc. , yang berkantor pusat di New York dan Meta Platforms Inc. yang merelakan kantornya di Manhattan meski baru saja dibangun.

Faktanya, Meta telah menjadi salah satu penyewa akomodasi ruang paling aktif di pasar perkantoran selama beberapa tahun terakhir. Mereka memutuskan untuk tidak menyediakan ruang lagi di Park Avenue dan kantor Hudson Yards.

Compass juga ingin menyewakan sisa ruang di markas Union Square, di 90 Fifth Avenue, di mana beberapa lantai sudah disewa.

“Kemunduran teknologi akan berdampak parah bagi pasar New York. Mereka adalah pendorong utama perluasan sektor perkantoran saat ini selama pandemi,” lanjut Colb-Haber.

Tidak hanya perusahaan teknologi, PHK juga mengalir ke industri jasa keuangan, contohnya bank-bank besar seperti Goldman Sachs Group Inc. Dan Morgan Stanley berencana untuk memangkas staf, yang dapat memperlambat pasar lagi.

Sementara itu, di San Francisco, penurunan serapan ruang kantor merupakan bagian dari perlambatan ekonomi yang signifikan. Harga rumah turun dan sektor pariwisata kembali mengalami perlambatan.

Salesforce, perusahaan swasta terbesar di kota itu, berencana memangkas 10 persen tenaga kerjanya dan mengurangi hunian kantor agar sesuai dengan biaya.

Perusahaan besar lainnya seperti Twitter Inc. ke DoorDash Inc. Itu juga memangkas tenaga kerjanya, sementara Lyft Inc. Kantor juga diturunkan.

“Dengan industri teknologi yang menjadi pemain dominan di San Francisco dan di seluruh Wilayah Teluk San Francisco, kami telah melihat perkantoran kembali menjadi salah satu yang terendah di negara ini,” kata Colin Yasukuchi, direktur eksekutif CBRE.


Lihat berita dan artikel kami yang lain di berita Google

Tonton video unggulan di bawah ini:

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …