Mantap Menparekraf Raih Penghargaan Kedaireka Matching Fund Program 2022 – dara.co.id

NanjombangNews – Menparekraf Raih Penghargaan Kedaireka Matching Fund Program 2022 – dara.co.id

Pada tahun 2022, pariwisata mampu bangkit kembali karena penanganan pandemi di Indonesia relatif lebih baik dibandingkan negara lain dan lebih terkendali.


Dara | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Ketua Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MINPARKRAF/KAPAPARIKRAF) Sandiaja Salahuddin Ono Menerima Penghargaan Kerjasama dan Kontribusi Program Kedaireka (Kolaborasi Komersial dan Desain Kreatif) Matching Fund 2022 dengan Universitas Indonesia (UI) dalam rangka mewujudkan desa wisata kelas dunia Melalui pelaksanaan CHSE dan mitigasi bencana.

Kedaireka Matching Fund 2022 merupakan program kerjasama antara Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan UI yang bertujuan untuk mengidentifikasi CHSE, risiko bencana dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa wisata dengan mengimplementasikan kreativitas dosen, lulusan dan mahasiswa untuk menciptakan dunia- desa wisata kelas dunia (Dewey World).

Program ini juga didukung pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dengan tujuan mendorong kerjasama antara Perguruan Tinggi (PT) dengan dunia usaha dan industri (DUDI).

Menparekraf Sandiaga, saat menghadiri acara penutupan Hibah Dana Pendamping Kedaireka di Kampus UI Depok, Rabu (1/11/2023), mengatakan, Program Dana Pendamping Kedaireka UI yang dijalankan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat melalui destinasi wisata.

“Selain itu, program ini juga mempersiapkan kita dalam menghadapi bencana dan menyiapkan prosedur operasi standar serta beberapa peningkatan sumber daya manusia di desa wisata,” kata Minbarkrav Sandiyaga mengutip laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menparekraf Sandiaga mencontohkan di Desa Wisata Situs Gunung Padang yang telah mendapatkan CHSE dan pelatihan mitigasi bencana, sehingga ketika terjadi bencana, kerusakan dapat diminimalkan dan risiko korban jiwa berkurang.

“Saya mendapat kabar dari kepala desa bahwa hanya terjadi kerusakan kecil di pintu gerbang wisata dan tidak ada korban jiwa, tentunya kita harus berkolaborasi dalam kesiapsiagaan ini dengan UI yang melibatkan banyak mahasiswa dan peneliti terbaik untuk meningkatkan ketahanan destinasi wisata. di Indonesia,” kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Kemenparekraf mengatakan bahwa Kedaireka UI-Kemenparekraf telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan identifikasi risiko dan mitigasi bencana CHSE yang dilakukan di 58 desa wisata.

Kegiatan validasi lapangan untuk pelatihan CHSE dan mitigasi bencana juga dilakukan di delapan provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Barat.

“Kesiapan dan kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki keunggulan yang tak terhitung jumlahnya, akademisi, peneliti dan peneliti terbaik ini harus ditingkatkan dalam meningkatkan ketahanan destinasi pariwisata.Pada tahun 2022, pariwisata sudah dapat pulih karena Indonesia telah menangani epidemi relatif lebih baik daripada negara lain. negara dan lebih terkontrol sehingga sektor pariwisata yang dilanda krisis dan bencana dapat pulih secara signifikan karena kita bekerja sama.” .

Sementara itu, Direktur Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ari Konkuro mengapresiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas kerjasamanya dalam Program Kedaireka Matching Fund 2022 di Universitas Indonesia.

“Apa yang UI lakukan melalui FKM dan DRRC ini keren banget. Dari sini kita akan menemukan jawaban bagaimana pariwisata bisa menjadi buffer zone setelah pandemi dan perlu recovery.”

Didampingi Minbarkraf Sandiaga sekaligus penghargaan, staf ahli Menteri Penanggulangan Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fajar Hotomo; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktur Pengelola Destinasi, Indra Ni Tua; Inspektur II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamal Rimozan. dan Kepala Dinas Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

editor: Maggie

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …