Mantap 3 pesan Menteri Basuki soal pembangunan infrastruktur jelang tahun politik

NanjombangNews – 3 pesan Menteri Basuki soal pembangunan infrastruktur jelang tahun politik

NanjombangNewsJakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkuat koordinasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur tahun anggaran 2023 (TA), jelang tahun politik.

Menteri PUPR Basuki Hadimolejono mengingatkan jajarannya untuk menjaga kredibilitas PUPR dan kepercayaan publik memasuki tahun politik 2023. Menurut Basuki, menjaga hal tersebut bukanlah tugas yang mudah.

“2023 adalah tahun politik, akan banyak tekanan. Tapi saya minta bapak-bapak di sini sebagai generasi penerus tetap profesional. Saya tahu ini tidak mudah. ​​Tapi sebagai orang PU, kita harus menunjukkan bahwa kita kompeten dan punya integritas untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan publik, jangan ikut-ikutan berpolitik.”Kalau kita profesional pasti dicari orang,” kata Basuki mengutip Basuki, Jumat (1/1/2023).

Ia menekankan tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pertama: Terkait dengan percepatan pengeluaran anggaran pembangunan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat.

Ia menambahkan, “Kita harus mempercepat pengeluaran anggaran sebagai kementerian yang dipercaya membelanjakan anggaran untuk pembangunan. Kita sudah diberi kewenangan membelanjakan anggaran sesuai aturan yang ada, dengan regulasi dan APBN sebagai alatnya. Jadi harus cepatlah.”

Kedua, Basuki mensyaratkan agar pembangunan infrastruktur memperhatikan aspek pemanfaatan, ketepatan sasaran, pengoperasian, pemeliharaan, peningkatan dan rehabilitasi (OPOR).

“Seluruh infrastruktur yang sudah selesai harus dimanfaatkan. Jangan sampai dicek tidak bermanfaat bagi masyarakat. Lebih baik tidak mengeluarkan uang daripada tidak berguna. Kalau tidak bermanfaat lebih baik batalkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan, pemeliharaan barang milik negara (BMN) yang dibangun tidak hanya dioperasionalkan, tetapi juga dipelihara, ditingkatkan, dan direhabilitasi jika mengalami penurunan manfaat.

“Pertahankan apa yang telah dibangun. Ketika digunakan, semuanya harus diperiksa dan harus bersih dari sisa material. Estetika dan lingkungan harus lebih baik ke depan.”

Ketiga, pihaknya mendorong pihaknya untuk memantau dan meningkatkan pengawasan dan evaluasi terhadap kualitas jasa konstruksi.

Untuk itu, dia meminta kepada para kepala dinas dan unit kerja untuk mengingatkan dan mengawasi para penyedia layanan untuk menjaga kualitas kerja. Jika penyedia jasa terlambat, Basuki diminta tidak sungkan untuk menyediakannya hukuman.

Mengakhiri sambutannya, Basuki menyampaikan terima kasih atas kerja keras pegawai PUPR sepanjang tahun 2022 dan meminta mereka bekerja lebih keras lagi di tahun 2023.

“Tahun 2023 kita harus bekerja lebih keras untuk memastikan manfaat dari infrastruktur yang kita kerjakan. Lakukan identifikasi dan inventarisasi di setiap area. Dan jika ada yang tidak digunakan, harus digunakan terlebih dahulu.”

Terakhir, Basuki memastikan pembangunan hanya bisa dilakukan atas perintah kepala suku. Ia berharap pada tahun 2023 Kementerian PUPR dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.


Lihat berita dan artikel kami yang lain di berita Google

Tonton video unggulan di bawah ini:

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …