Amazing Proyek Keraton Majapahit di Troulan Pram

NanjombangNews – Proyek Keraton Majapahit di Troulan Pram

Bmakab menunggu kepastian dari pemerintah pusat

DaerahDan Jawa Boss Radar Mojokerto – Rencana pengembangan Taman Majapahit bersejarah di kawasan Troolan masih belum jelas. Sejauh ini, pemerintah pusat belum memberikan kepastian realisasi proyek 50 crore tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto Antor Subendi membenarkan hingga saat ini pemkab belum mendapat kepastian terkait rencana pembangunan Taman Sejarah Majapahit di Tanah Kas Desa (TKD) di desa Trowulan. /kabupaten di atas tanah seluas dua hektar. Tepatnya di selatan Kolam Segaran. “Jadi, selama ini belum ada titik terang untuk merealisasikan pembangunannya,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, pemprov telah melayangkan surat kepada pemerintah pusat terkait kepastian pembangunan yang semula ditujukan untuk wisata sejarah di tanah Majapahit. Namun, belum ada jawaban. “Sambil menunggu respon atas pesan yang kami kirimkan, kami juga berencana mengejar bola untuk menjadwalkan penerbangan ke Jakarta untuk menanyakan langsung atau konfirmasi apakah akan dilakukan atau tidak,” jelasnya.

Yang jelas, kata Antour, perencanaan desain Taman Sejarah Majapahit sudah selesai dua tahun lalu. Senilai Rp 954.864.020 dalam APBD 2021, pemerintah daerah telah menyiapkan konsep sebagai acuan pembangunan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Termasuk APBD 2023, kami juga sudah menyiapkan anggaran pengawasan sekitar Rp 1 miliar sesuai permintaan pemerintah pusat. “Konspirasi ini akan kami pahami jika pembangunan Taman Mugupahit selesai tahun ini,” katanya.

Berdasarkan Surat Usulan No. 050/9096/201.4/2021, Proyek Pembangunan Infrastruktur Situs Bersejarah Trowulan merupakan salah satu dari 10 proyek dalam sembilan kawasan prioritas nasional sesuai Perpres No. 80 Tahun 2019. Yaitu Kota Mojokerto, Probolinggo Kabupaten, Kabupaten Sitibondo dan Kota Blitar, Kabupaten Magetan, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, dan Kota Lumajang. Hal ini untuk mencapai percepatan pembangunan ekonomi. Hingga Keraton Majapahit menjadi semangat baru di tahun 2023 sesuai dengan semboyannya. Yakni, Mojokerto yang penuh keagungan Majapahit yang berarti penuh kemegahan Majapahit. “Artinya bukan sekedar slogan, tapi dicapai dalam pembangunan infrastruktur,” tegasnya.

Sementara itu, Kadisbudporapar Kabupaten Mojokerto Norman Handhito menegaskan perkembangan sejarah Majapahit memang menjadi semangat baru bagi pemerintah dalam mengembangkan kawasan wisata sejarah di Trowulan. Selain menjadi ikon baru, proyek ini dapat mengangkat ekonomi kreatif masyarakat. “Apalagi berbagai peninggalan kerajaan Majapahit di Trollan juga sudah dikenal hingga mancanegara, dan tentunya perkembangan sejarah Majapahit ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ujarnya.

Menurut rencana induk, juga dilengkapi dengan miniatur Majapahit. Miniatur candi antara lain Wringin Lawang, Brahu, Candi Tikus dan Kapal Majapahit. Tidak hanya itu, ada juga miniatur istana raja, pendaba, dan patung Gajah Mada hingga taman dan sarana olah raga. Di dalamnya juga terdapat galeri atau ruang pameran dan permainan anak-anak modern maupun kuno, serta tugu utama Surya Majapahit. (Uri / Rune)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …