Amazing [POPULER MONEY] Pesan Bahlil kepada Mahasiswa: Jangan bercita-cita jadi PNS, Pegawai, TNI atau Polri

NanjombangNews – [POPULER MONEY] Pesan Bahlil kepada Mahasiswa: Jangan bercita-cita jadi PNS, Pegawai, TNI atau Polri

1. Pesan Bahlil kepada Mahasiswa: Jangan bercita-cita jadi PNS, Pegawai, TNI atau Polri, tapi jadilah pengusaha

Menteri Penanaman Modal/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil menceritakan kepada Hadalia kisah perjuangannya menimba ilmu di tanah Papua yang penuh keterbatasan. Sebagai kunci memajukan kemajuan bangsa, Bahlil mendorong generasi muda untuk meningkatkan aksesibilitas memperoleh ilmu pengetahuan saat ini.

Hal itu ia ceritakan kepada sekitar 1.700 mahasiswa saat menjadi pembicara pada Simposium Nasional Penggerak Ekonomi Nasional dalam Pencapaian Emas Indonesia 2045 di Universitas Kristen Maranatha Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023).

“Saya mengajak adik-adik untuk memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya bercita-cita menjadi pegawai, PNS atau TNI Polri, tetapi menjadi pengusaha yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam penciptaan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.” dikutip pada Jumat (13/1/2023) sebagai siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Penanaman Modal, “Perguruan tinggi Indonesia tidak boleh menjadi pabrik pengangguran intelektual.”

Ia mencontohkan saat ini ada 7 juta pengangguran. Angkatan kerja setiap tahunnya hanya mampu menampung 2,9 juta tenaga kerja. Karena itu, kata mantan Ketua Hebeme itu, kita harus mendorong investasi sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja.

Untuk lebih lanjut klik di sini

2. Erik Thohir: Kami akan mematahkan stigma yang melekat pada BUMN yang “berhutang banyak”.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir mengaku telah melakukan langkah bersih-bersih di BUMN sejak menjabat pada Oktober 2019. Dengan aksi tersebut, Erik mengatakan ingin menghapus stigma yang melekat pada BUMN sebagai debitur.

“Meski ada tekanan di masa pandemi, kinerja BUMN justru terdongkrak signifikan di kuartal III 2022,” kata Eric dalam siaran persnya, Jumat (1/1/2023).“Kami juga mematahkan stigma BUMN yang berutang. ” .

Eric mengatakan perusahaan-perusahaan milik negara mengurangi tingkat utang terhadap modal dari 38 persen pada 2020 menjadi 34 persen pada kuartal ketiga 2022.

Untuk lebih lanjut klik di sini

3. Pertamina Sorot Anggaran Subsidi Energi Besar

Pemerintah menganggarkan Rp 502 triliun atau seperempat APBN untuk subsidi energi pada 2022.

Menurut Sekretaris PT Pertamina Patra Irto Ginting, jika anggaran sebesar itu dialokasikan untuk pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan, maka akan mampu meningkatkan kualitas kedua sektor tersebut.

“Kalau membangun gedung kampus 1 triliun rupiah, berarti kita bisa membangun 500 gedung. Banyak sekali mahasiswa yang bisa kuliah. Kalau satu klinik dibangun di desa senilai 1 miliar rupiah, berarti kita bisa membangun 500.000 klinik di seluruh Indonesia. .” Ujarnya dalam diskusi bertajuk Optimalisasi MyPertamina untuk BBM Pendukung Sasaran, Jumat (13/1/2023).

“Saat itu pemerintah memberikan subsidi Rp 10.000 per liter. Kalau solar 17 miliar liter, subsidinya Rp 170 triliun, dan itu bisa untuk 170 gedung di kampus,” ujarnya.

Namun, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menikmati subsidi BBM.

Untuk lebih lanjut klik di sini


Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …