Amazing Pentingnya Meningkatkan Pendidikan | Koran

NanjombangNews – Pentingnya Meningkatkan Pendidikan | Koran

Perbaikan pendidikan

Ditulis oleh: Nadira Hasna Astera adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

JournalPost.com – Pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, dengan pendidikan yang baik seseorang dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Tidak ada satu pun negara maju di dunia yang tidak fokus pada sektor pendidikan dalam pembangunan negara dan bangsanya. Negara-negara maju telah membuktikan bahwa pendidikan memiliki kontribusi dan pengaruh yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas negaranya.

Pendidikan merupakan sumber kemajuan suatu bangsa, karena melalui pendidikan yang berkualitas maka kualitas sumber daya manusia suatu bangsa dapat ditingkatkan. Sumber daya manusia merupakan aset utama dalam membangun bangsa, tidak terkecuali bangsa Indonesia. Indonesia yang sangat luas dan memiliki banyak pulau, harus diimbangi dengan pendidikan yang baik bagi setiap warga negaranya, dengan kekayaan alam yang melimpah dan pengelolaan yang cerdas oleh rakyat dan negara, dan ini akan menjadikan bangsa kita sebagai bangsa yang besar.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua masyarakat kita memiliki pendidikan yang baik, terutama bagi anak-anak dan generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Seperti yang kita ketahui, tidak hanya di pelosok negeri saja yang belum mengenyam pendidikan, tetapi di kota-kota besar pun masih banyak anak-anak yang belum mengenyam pendidikan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, diantara yang paling sering kita jumpai adalah ekonomi. Di era globalisasi ini, generasi muda harus mampu dan harus mampu mengembangkan ilmu pedagogik agar tidak ketinggalan zaman. Kemajuan peradaban bangsa agar lebih kuat dalam menghadapi perkembangan zaman.

Kita harus mengutamakan pendidikan. Salah satu masalah yang timbul akibat kurangnya pendidikan adalah banyak terjadi karena ketidakmampuan ekonomi, dan adanya pencurian, pembunuhan dan masalah sosial lainnya. Semua ini terjadi karena kurangnya pendidikan, pikiran menjadi buta, mudah dipengaruhi, mabuk, narkoba, mencuri, dan sebagainya. Untuk menghindari penyakit sosial yang timbul dari kurangnya pendidikan, marilah kita tingkatkan kepedulian kita terhadap pendidikan anak-anak kita. Generasi penerus bangsa untuk masa depan adalah tanggung jawab kita masing-masing dan harus kita mulai dari membesarkan anak.

Melalui pendidikan berkualitas yang diterima oleh generasi bangsa, mereka akan mengubah bangsa kita menjadi bangsa yang kuat dan mampu memecahkan masalah-masalahnya. Untuk membantu mengatasi masalah pendidikan anak-anak dengan keterbatasan ekonomi, pemerintah dan lembaga sosial memiliki banyak program pendidikan, salah satunya adalah program pendidikan yang dimiliki oleh LAZNAS Yatim Mandiri.

Wirausaha sosial ini telah mendirikan sekolah-sekolah berkualitas untuk mencerdaskan generasi anak negeri. Pondok Pesantren Insan Cendekia Mandiri ICMBS melepas anak-anak yatim piatu yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Ratusan anak yatim piatu berprestasi mengenyam pendidikan setiap tahunnya. Ayo teman-teman, didiklah anak-anak kita sejak dini agar memiliki visi yang luas untuk membangun bangsa ini. Pentingnya pendidikan sering diremehkan.

Selain sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan, pendidikan dapat mengasah keterampilan dalam pemecahan masalah, meningkatkan perekonomian, dan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik. Pentingnya pendidikan tidak boleh diremehkan dan harus ditanamkan sejak dini.Pendidikan adalah komponen terpenting dari negara mana pun. Pendidikan juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di suatu negara.

Namun, sejatinya pendidik tidak bisa menciptakan manusia terpelajar melainkan hanya manusia cerdas. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca teks opini di bawah ini. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak kasus memalukan yang terungkap di negeri ini. Contohnya korupsi, mafia pajak, kasus suap dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan karena kejahatan ini dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi bahkan bergelar doktor. Hal ini bisa terjadi karena pola pendidikan yang salah di negeri ini.

Pola pendidikan yang diterapkan hanya menitikberatkan pada ilmu duniawi sehingga hanya tercipta orang-orang cerdas tanpa berakhlak mulia. Akibatnya, orang-orang cerdas ini menggunakan kecerdasannya untuk melakukan kejahatan dan menindas yang lemah. Misalnya, banyak berita yang berbicara tentang korupsi dan penyuapan yang dilakukan oleh orang-orang baik.

Orang-orang ini berpendidikan tinggi tetapi melakukan perbuatan yang memalukan karena dapat merugikan orang lain bahkan negara. Biasanya, kejahatan ini dilakukan bersama-sama. Lebih buruk lagi, ketika mereka tertangkap basah, orang-orang ini tidak memiliki rasa malu dan bersalah atas apa yang telah mereka lakukan. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas kita bersama untuk membenahi sistem pendidikan di negeri ini agar hal-hal memalukan seperti tersebut di atas tidak terulang lagi. Pendidikan merupakan salah satu upaya kita untuk mengatasi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di negara kita, khususnya Indonesia.

Yang kita semua tahu, situasi default adalah seseorang bersekolah, sehingga orang tersebut sudah mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini. Padahal, kita bisa mendapatkan pendidikan di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus siap mewujudkannya. Pendidikan memiliki pengaruh yang besar terhadap dampak perkembangan di masa depan.

Tidak hanya untuk diri sendiri, bahkan dapat mempengaruhi bangsa dan negara Republik Indonesia. Pendidikan bersifat formal, informal dan informal. Contoh yang sifatnya lebih formal adalah: sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan pendidikan tinggi. dan pendidikan nonformal, yaitu dengan mengikuti kursus atau les privat dll. Bagaimana pun kita mengenyam pendidikan, selama kita bersungguh-sungguh akan berdampak besar bagi masa depan diri kita dan orang lain. Agar masyarakat melalui pendidikan dapat mengatur masa depannya dengan bijak, serta mampu berpikir lebih kritis terhadap suatu masalah yang terjadi dalam kehidupannya. Dengan pemahaman kita tentang pendidikan, kita akan dapat membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja agar tidak banyak pengangguran di Indonesia. Banyak hal penting yang kita dapatkan dari mengetahui apa itu pendidikan.

Oleh karena itu, kita harus mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi keberlangsungan masa depan kita. Dan kita sebagai manusia terpelajar harus benar-benar mau memahami itu. Adapun pengertian, fungsi dan jenis pendidikan itu sendiri. Betapa pentingnya pendidikan yang diperlukan bagi anak-anak, jelas juga bahwa anak-anak ini harus diajar atau menerima pendidikan.

Dalam uraian tersebut, menjadi lebih jelas apa yang dimaksud dengan pendidikan. Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk mengarahkan perkembangan jasmani dan rohaninya menuju kedewasaan, atau lebih jelasnya pendidikan adalah kepemimpinan yang sengaja diberikan oleh orang dewasa kepada anak-anak dalam perkembangannya (baik jasmani maupun rohani). dan spiritual) agar bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Peranan pendidikan sangat penting dalam menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) handal yang mampu bersaing secara sehat sebagaimana tujuan pendidikan itu sendiri.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …