Amazing Forum Milenium Nusantara mengajak mahasiswa untuk menangkap peluang ekonomi pemindahan ibu kota negara

NanjombangNews – Forum Milenium Nusantara mengajak mahasiswa untuk menangkap peluang ekonomi pemindahan ibu kota negara

Dilansir koresponden Tribun Jabbar Muhammad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Forum Milenium Nusantara membahas keberadaan Ibukota Negara Nusantara (IKN) dalam debat di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, disiarkan melalui Zoom, Sabtu (14/1/2023).

Ada beberapa narasumber seperti Presiden Jenderal BEM FEB Samarinda 17 Agustus 1945, Naufal Ferdiansyah, Ketua BEM Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Muhammad, dan Ketua Ekonomi HMJ Universitas Mulawarman, Riffi Fazli Ruby Rechmadi.

Presiden Forum Milenial Nusantara Hussain Firdaus mengatakan, permasalahan ekonomi di Indonesia pasca pengalihan IKN ke provinsi Kaltim sangat signifikan.

Prosesi penyatuan darat dan air dari 34 kecamatan di titik kilometer nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penjam Pasar Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).  Prosesi ini dipimpin langsung oleh Chief Joko Widodo (Jokowi), dan dihadiri oleh 34 gubernur dan 15 tokoh masyarakat Kalimantan.
Prosesi penyatuan darat dan air dari 34 kecamatan di titik kilometer nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penjam Pasar Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Prosesi ini dipimpin langsung oleh Chief Joko Widodo (Jokowi), dan dihadiri oleh 34 gubernur dan 15 tokoh masyarakat Kalimantan. (Sekretaris Presiden)

Sebab, kata dia, pengalihan IKN erat kaitannya dengan upaya pemerintah mewujudkan pemerataan pembangunan.

“Pemindahan ibu kota negara tentunya akan berdampak pada peningkatan sektor ekonomi di kawasan pendukung IKN. Oleh karena itu, masyarakat Kaltim harus siap menyambut potensi peningkatan ekonomi di sekitar kawasan pengembangan IKN,” ujarnya. Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: Menko Airlangga Hartarto mengajak perusahaan JOIN dari Jepang untuk mengembangkan sistem smart city di IKN

Forum Milenium Nusantara, lanjut Hussain, terus menyosialisasikan transfer IKN kepada mahasiswa.

“Kita harus mengedukasi generasi milenial khususnya mahasiswa agar membekali diri untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pengembangan IKN,” ujarnya.

Nouval Verdansyah juga mengangkat tantangan dalam diskusi agar mahasiswa di Kaltim bisa berkontribusi, sekaligus tertarik dengan rencana besar pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke IKN Nusantara di wilayah Kaltim.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan air dan tanah dari 27 provinsi/kota yang telah dipersatukan kepada Presiden Joko Widodo sebagai simbol dukungan Jawa Barat dalam membangun ibu kota baru negara nusantara.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan air dan tanah dari 27 provinsi/kota yang telah dipersatukan kepada Presiden Joko Widodo sebagai simbol dukungan Jawa Barat dalam membangun ibu kota baru negara nusantara. (Tribun Jabar/Mohammed Syarif Abdus Salam)

“Tidak perlu diragukan lagi karena pengalihan IKN sudah memiliki payung hukum yaitu Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. Oleh karena itu, terdapat potensi dan peluang yang besar bagi masyarakat dan pemuda di Kaltim,” ujarnya. dikatakan. .

Nofal menambahkan, Kaltim selama ini memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan dalam negeri.

Untuk itu, lanjut dia, dengan hadirnya IKN Nusantara, masyarakat setempat akan mendapatkan insentif, sehingga dapat meningkatkan potensi ekonominya.

“Sektor ekonomi akan diperluas di Kaltim. Warga harus mendukung iklim investasi yang baik, sehingga investor dari negara lain mau mendukung realisasi transfer IKN,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak pengusaha di wilayah Sunda dan Jawa Barat untuk menghidupkan kembali ibu kota negara.

Setara dengan tiga koin Revy Fadly Robby Rachmadi juga mengaku setuju dengan pemindahan IKN ke Kaltim akan mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …