Wow Heru mengatakan KCN bisa beroperasi kembali asalkan memenuhi persyaratan

NanjombangNews – Heru mengatakan KCN bisa beroperasi kembali asalkan memenuhi persyaratan

Jakarta, CNNIndonesia

Pj Gubernur (Pj) Hiro Body Hartono Mengatakan Pelabuhan Karya Citra Nusantara (KCN) Marunda, Jakarta Utara, bisa beroperasi kembali sepanjang memenuhi persyaratan yang diminta Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Alasannya, KCN Marunda terpaksa ditutup karena mendapat laporan dari warga sekitar tentang dugaan pencemaran lingkungan.

Heru mengklaim Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak berpihak.

“Jadi ada beberapa syarat KCN yang diminta Dinas Lingkungan Hidup. Kalau bisa dipenuhi, mudah-mudahan berhasil,” kata Heru saat ditemui di Wisata Agro Edukasi Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (13/1). ).

“Kami juga senang jika KCN bisa kembali beroperasi, namun persyaratannya bisa terpenuhi,” ujar Hiro.

Ia menambahkan, memenuhi persyaratan tersebut juga ada batas waktunya. Namun, Hiro mengaku sudah lupa dengan lamanya tenggat waktu.

Sebelumnya, sekitar 100 pekerja pelabuhan KCN Marunda berdemonstrasi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (12/1).

Mereka meminta Pj Gubernur Hiro Budi Hartono membuka kembali pelabuhan KCN yang ditutup Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Kepala Pengguna Jasa Pelabuhan (Bangaspel) Kedua, Munif menjelaskan, ada sekitar dua ribu orang yang terkena dampak penutupan pelabuhan KCN Maronda.

Pada Kamis (12/1), Munif mengatakan, “Kami sudah tujuh bulan tidak melakukan aktivitas, sedangkan pelabuhan tetangga sudah diperbolehkan melakukan aktivitas.”

Buruh menuntut pembukaan kembali Pelabuhan KCN. Menurut Munif, pencemaran masih terjadi di Mararounda, meski ditutup sekitar tujuh bulan.

“Pencemarannya tetap ada meski KCN ditutup, dan pertanyaan kita adalah, kita yang mencari nafkah di sana, kenapa pelabuhan lain tidak dipersoalkan, hanya KCN yang dipersoalkan,” jelas Munif.

Pada Juni 2022, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mencabut izin lingkungan PT KCN setelah diduga terjadi pencemaran batu bara di Kecamatan Marunda, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pencabutan izin tersebut dilakukan karena PT KCN sebelumnya tidak mematuhi sanksi administratif untuk melaksanakan berbagai anjuran pengelolaan lingkungan yang baik sesuai batas waktu yang ditetapkan.

[Gambas:Video CNN]

(pop/dzu)

[Gambas:Video CNN]


Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …