Pengamat: Program Eric Thuhir berdampak langsung pada masyarakat

NanjombangNews – Pengamat: Program Eric Thuhir berdampak langsung pada masyarakat

Eric Thuhir disebut-sebut mampu memanfaatkan posisinya untuk membuat program bagi masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Pengamat politik yang juga CEO Strategic Algebra, Arifki Chaniago menyatakan program Menteri BUMN Erick Thohir sejalan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak program yang dikembangkan dari orang pertama di Kementerian BUMN yang langsung menyasar kebutuhan ekonomi masyarakat.


“Bak-Eric Thohir telah mampu memaksimalkan posisinya sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara, seperti mengelola program-program yang dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Arefki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/1).


Program Erick Thohir antara lain mendorong program KUR, Mekaar dan Makmur untuk mendukung ekonomi akar rumput. Program ini diusung oleh Best Minister President Jokowi dan menjadi andalan sejak awal pandemi Covid-19 hingga sekarang.


Berdasarkan data pemerintah, dia mengatakan penyaluran KUR oleh Himbara telah mencapai Rp345 triliun kepada 7,2 juta pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, program Makar mengalami peningkatan jumlah klien sejak merebaknya pandemi COVID-19. Sebelum pandemi, jumlah pelanggan hanya 5,6 juta dan berdasarkan data per November 2022, sudah ada 12,7 juta pelanggan. Sedangkan Makmur telah memberdayakan 43.079 petani di seluruh Indonesia dan terbukti berhasil meningkatkan produktivitas 36 persen dan pendapatan 46 persen.


“Baru-baru ini bahkan ada Program Solusi Nelayan yang merupakan program yang diinisiasi oleh Eric Thehir bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Program ini memastikan nelayan mendapatkan subsidi energi surya dari pemerintah,” ujar Arefki.


Tidak hanya itu, kata Arefiqi, program ini juga memberikan bantuan keuangan dan bantuan komersial kepada nelayan guna meningkatkan pendapatan. Berdasarkan data pemerintah, kelompok nelayan Koperasi Mina Saruyo Cilacap yang beranggotakan 8.441 orang mengikuti program ini.


Aksi nyata tersebut berdampak positif bagi citra Eric Thohir di masyarakat jelang Pilpres 2024. Tak heran jika Eric Thohir terus mendapat dukungan dari masyarakat akar rumput untuk berpartisipasi dalam kontes demokrasi.


“Prestasi Eric Thohir diuntungkan oleh personal brand-nya,” kata Arefki.

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …