Mantap Wakil presiden meminta “Gadis NU” untuk membantu mencegah ekstremisme dengan memoderasi narasi

NanjombangNews – Wakil presiden meminta “Gadis NU” untuk membantu mencegah ekstremisme dengan memoderasi narasi

Para gadis Nahdlatul Ulama memperkuat lembaganya untuk berkontribusi bagi tanah air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Puteri Nahdlatul Ulama untuk berkontribusi mencegah munculnya kelompok ekstremis. Marouf juga berpesan kepada “NU Girls” untuk terus membangun narasi moderasi beragama di masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat diterima Komando Pusat Fatayat Nahdlatul Ulama di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (12/1/2023).

“Harapan saya tidak lupa untuk mengembangkan ajaran Islam yang moderat, Rahmat al-Amin (Islam adalah rahmat bagi seluruh alam semesta), dan Wasitia berdasarkan Ahl al-Sunnah wal-Jama’ah (pemahaman iman yang dipandu). dengan sunnah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya) agar menjadi paham yang dianut di masyarakat, bahkan tidak ada kelompok radikal,” ujar Kiai Marouf.

Ketua Dewan Pembina Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga berpesan kepada jajaran putri NU untuk memperkuat kelembagaannya agar bisa berkontribusi membangun bangsa yang lebih besar.

Ia meyakini, kelembagaan yang kuat akan memberikan dampak yang signifikan di bidang pemberdayaan ekonomi, sumber daya manusia, perlindungan perempuan dan anak, pengentasan kemiskinan, bahkan kewirausahaan.

Di bidang SDM, Wapres berharap “NU Girls” dapat mendorong masyarakat khususnya di daerah untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, sehingga dapat dihasilkan SDM yang handal di berbagai bidang.

“Pemerintah mengutamakan SDM (program) unggul. Untuk itu, perempuan NU juga harus mendorong masyarakat, khususnya di pedesaan, agar pendidikan terus maju. (Harapan mereka) untuk mengejar sarjana, pascasarjana bahkan doktor. tingkat pendidikan sehingga menjadi sumber daya manusia yang handal.

Sementara itu, di bidang pemberdayaan ekonomi, Ketua Harian Komnas Ekonomi dan Keuangan Islam berharap, anggota Fatiyat NU yang berada di daerah juga kreatif membuat produk unggulan lokal.

Dengan keterampilan dan upaya yang serius, Wapres yakin UMKM yang ada dapat dikembangkan dan bersaing di pasar global.

“Pemerintah telah mendorong pembangunan ekonomi, diantaranya usaha mikro, kecil dan menengah, dan sebagian dapat didorong menjadi pengusaha besar dan berorientasi ekspor.Putri NU di daerah memiliki keterampilan, kemudian didorong, dibimbing dan dibantu, untuk contoh perijinan, kualitas produk, pembiayaan dan aksesoris bisa diarahkan Termasuk kemasan untuk pemasaran luar negeri.

Sebelumnya, Ketua PP Fatayat NU, Margaret Aliatoll mengatakan, pasca terpilihnya sebagai Ketua Umum pada 2022, Fatayat NU kini fokus pada penguatan pembaharuan dan struktur organisasi. Tak hanya itu, organisasi yang berada di bawah naungan NU ini juga fokus pada berbagai isu kebangsaan, termasuk pemberdayaan dan kesehatan perempuan.

Dikatakannya, “Seorang advokat perempuan didorong tidak hanya untuk memberikan ceramah agama, tetapi juga untuk mengembangkan berbagai sektor, seperti isu perempuan dan anak, pengasuhan anak, kesehatan, dwarfisme, dan ekonomi.”

Selain itu, Fatayat NU juga aktif menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga untuk mencegah paham radikal di masyarakat.

“Fokus pada ekstremisme juga merupakan masalah yang kami kerjakan dengan lembaga donor dan mitra lainnya,” katanya.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …