Mantap Mendagri: Pemerintah dan pemerintah daerah siap mendukung Pilkada 2024

NanjombangNews – Mendagri: Pemerintah dan pemerintah daerah siap mendukung Pilkada 2024

Ambon, Siwalimanos – Menteri Dalam Negeri Mehmet Tito Karnavian menjelaskan berbagai dukungan yang diberikan pemerintah dan pemerintah daerah dalam mempersiapkan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Mendagri dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI yang dihadiri KPU, Bawaslu dan DKPP di ruang rapat Komisi II DPR RI, Rabu (11/1).

Dukungan di bidang hukum, misalnya pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 Tahun 2022 tentang perubahan atas UU No: 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Selain itu, pemerintah juga mengawal terbitnya Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Calon Peserta Perseorangan Dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD),” Kemendagri tulis Puspen dalam keterangan yang diterima redaksi. @siwalimanews, Jumat (13/1) usai memaparkan Mendagri dalam rapat tersebut.

Selain itu, untuk dukungan di bidang keuangan, Mendagri mengacu pada arahan Presiden RI, di mana Presiden meminta KPU bekerja secara efektif dan efisien, terutama dalam mengelola anggaran pemilu, terutama di tengah situasi sulit. ekonomi global yang tidak sehat. Akibat gejolak ekonomi, perang dan perlambatan ekonomi yang turut mempengaruhi kondisi keuangan nasional dan daerah.

Baca juga:
Afifuddin mengimbau BWS memperhatikan tangki selancarnya

“Ini juga harus menjadi pertimbangan agar setiap rupiah digunakan secara efektif dan efisien,” ujar Mendagri.

Pemerintah juga mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan sekretariat dan mendukung sarana dan prasarana Komisi Pemilihan Umum (PPK), Komisi Pemungutan Suara (PPS), dan Komisi Pengawas Pemilihan Provinsi. Hal itu sesuai dengan yang diatur dalam Pasal 434 ayat (2) huruf A dan B UU No 7 Tahun 2017.

Upaya ini diwujudkan melalui penerbitan Surat Mendagri No. 900.1.9/8968/SJ, Surat Mendagri No. 900.1.9.1/9028/SJ, dan Surat Mendagri No. 900.1.9/9095/SJ. Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri juga menyediakan data kependudukan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2024.

Ini berupa Data Agregat Penduduk tiap kecamatan (DAK2) yang diserahkan ke KPU pada 14 Oktober 2022. Selain itu, Daftar Calon Pemilih Pemilih (DP4) juga diserahkan ke KPU pada 14 Desember 2022. .

Data yang disajikan tersebar di 38 provinsi, meliputi provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, Dataran Tinggi Papua, dan Papua Barat Daya, 514 kabupaten/kota dan 7266 kecamatan. Mendagri juga meminta agar data yang diberikan dijaga dengan baik, agar tidak disalahgunakan.

“Saya sangat berharap pihak yang menyimpan data ini tidak membiarkan data ini nantinya dibocorkan, dan digunakan oleh pihak lain, karena ini data yang sangat pribadi,” pinta Mendagri.

Mendagri mengaku dukungan juga diberikan kepada peserta pemilu. Federasi juga memutuskan peserta pemilu 2024 terdiri dari 18 partai politik nasional dan 6 partai politik lokal di Aceh. Hal ini sesuai dengan Keputusan Universitas King Abdulaziz No. 552 Tahun 2022 tentang perubahan Keputusan Universitas King Abdulaziz No. 519 Tahun 2022.

Dukungan lain juga diberikan untuk pelaksanaan tahapan pemilu, seperti penanganan ketertiban dan ketenteraman masyarakat (tantibum) dan perekrutan petugas TPS. Kemudian mendukung pendistribusian logistik pemilu, serta menjamin netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemilu melalui surat keputusan bersama (SKB) Menpan RB, Mendagri dan juga pimpinan Bawaslu. BKN. Selaku Ketua KASN dan Ketua Bawaslu sehubungan dengan Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Ketidakberpihakan ASN Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada yang ditandatangani pada 22 September 2022.

Pemerintah juga mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu melalui pendidikan politik, sosialisasi, forum diskusi dan seminar/webinar yang melibatkan seluruh komponen masyarakat termasuk forum kemitraan.

Karena semakin tinggi persentase voting, semakin besar legitimasi yang terpilih. Selain itu, pemerintah dan pihak terkait juga melakukan pertemuan untuk mengantisipasi kerawanan pemilu,” jelas Mendagri.(S-06)



pembaca
29

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …