Mantap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

NanjombangNews – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

mengomentarinya

20230113 Menparekraf ajak wisatawan saksikan dan peringati event WSBK 2023 di Mandalika

Jakarta, 12 Januari 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Minparkrav/Kapaprikarav) Sandiaja Salahuddin Ono mendukung penyelenggaraan World Superbike Tour (WSBK) di Indonesia tahun 2023 dan mengundang para masyarakat dan wisatawan untuk kembali menyaksikan event motorsport internasional dan kebangkitannya sehingga berdampak luas pada pemulihan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja, khususnya di destinasi wisata unggulan Mandalika.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu menyambut baik penyelenggaraan World Superbike Championship 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Maret 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat,” kata Minparikrav Sandiyaga dalam acara peluncuran WSBK 2023 , pada hari Kamis. 12/1/2023) di Hard Rock Café, Jakarta.

Sepanjang musim 2022, jumlah penonton yang menonton langsung di Sirkuit Mandalika berhasil memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah World Superbikes di berbagai negara. Mencapai 51.629 penonton sehingga berdampak sangat besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat.

Tingkat hunian hotel meningkat hampir 100% dan menampung 6.900 pekerja. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lombok Tengah meningkat menjadi Rp 300 miliar.

“(Penjualan) produk ekonomi kreatif kita juga meningkat sehingga mendongkrak juga citra pariwisata di Indonesia. Makanya saya titipkan stand UMKM untuk dipajang lagi. Festival kuliner dan musik juga dihadirkan karena kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok sangat membantu WSBK dan NTB,” kata Menparekraf Sandiaga.

Minparikraf Sandiaja dalam kesempatan itu juga mengajak PT Indonesia Tourism Development Corporation (Persero), Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Mandalika Dinas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Mandalika untuk meningkatkan investasi dalam hal infrastruktur dan akomodasi.

“Seiring dengan event yang terus berlanjut, apalagi sejarah Formula 2 dan banyaknya kompetisi balap motor, hal ini juga akan meningkatkan kebutuhan jumlah hotel di sana seiring dengan jumlah hunian yang dibangun oleh pemerintah dan mitra sebanyak lebih dari 1.000 unit. ”

“Tujuannya adalah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024. Kami berharap WSBK membawa pemulihan ekonomi dan lapangan kerja serta kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Minparkrav Sandiaga.

Manajer Operasional ITDC Troye Raza Waruka mengatakan balapan WSBK 2022 yang sukses digelar di Sirkuit Mandalika November lalu membuktikan Indonesia mampu menjadi tuan rumah event internasional.

“Jumlah penonton yang menyentuh lebih dari 50.000 orang di WSBK 2022 menunjukkan antusiasme publik terhadap event kelas dunia ini dan kepercayaan terhadap keselamatan, kenyamanan, sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Internasional Pertamina Mandalica. Oleh karena itu, ITDC dan MGPA siap untuk kembali menggelar WSBK untuk ketiga kalinya pada 3 hingga 5 Maret 2023. Dan kami siap menunjukkan kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah ajang WSBK kelas dunia, kali ini dengan dibukanya musim baru,” ujar Troy.

Peluncuran WSBK 2023 hari ini juga menandai dimulainya penjualan tiket nonton WSBK 2023.

“Diskon tahap awal 75 persen berlaku untuk semua kategori tiket. Masyarakat yang ingin menyaksikan event WSBK dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Xplorin, Loket.com, Tiket.com dan MyTours sebelum kehabisan,” kata prinsipal direktur MGPA. Briandi Satria.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Minparikrav Sandiaga, Rizqi Handayani, Deputi Penyelenggara Produk dan Event Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Serta Direktur Perhelatan Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Barakraf Desi Rohati.

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …