Wow Sebanyak 71 investor menyerahkan dokumen komitmen investasi dalam IKN

NanjombangNews – Sebanyak 71 investor menyerahkan dokumen komitmen investasi dalam IKN

Jakarta, CNNIndonesia

Otoritas Ibukota Nusantara (OIKN) mendaftarkan 100 investor Lebih dari mereka yang menunjukkan minat untuk berinvestasi IKN Nusantara.

Namun dari jumlah tersebut, hanya 71 investor yang mengajukan surat niat (LoI) atau Dokumen Komitmen Awal untuk investasi di IKN Nusantara. Ke-11 investor itu datang dari negara tetangga bersamaan dengan kunjungan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

“Lebih dari 100 investor berminat, namun 71 perusahaan telah mengirimkan letter of intent (LOI) dari luar dan dalam negeri, dengan komposisi investor dalam negeri masih lebih banyak dari luar negeri,” kata IKN. Bambang Presiden Susantono dalam keterangan tertulis, Rabu (11/1).

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyaksikan penyerahan 11 letter of intent oleh investor Malaysia untuk membangun IKN) di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/1).

Letter of intent itu disampaikan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional Malaysia, Tiongku Zafrul Bin Tengku Abdulaziz, kepada Bambang.

Calon investor dari Malaysia tertarik untuk berinvestasi di berbagai sektor, termasuk pengelolaan limbah (Pengelolaan sampah), infrastruktur komunikasi, properti, jalan raya, layanan kesehatan dan farmasi, serta energi terbarukan, hingga ke platform Perdagangan elektronik.

Sementara itu, dari 71 investor yang mengajukan LOI, 3 diantaranya memperoleh Surat Izin Proyek Prakarsa (SIPP) dari pemerintah.

Menurut Bambang, sektor infrastruktur dan utilitas saat ini menjadi sektor yang paling diminati investor. Sektor lain yang tak kalah menarik adalah dicampur digunakan Dan komersial, perumahan, penasehat, kesehatan, swasta, BUMN, kantor pemerintah, dan teknologi.

Bambang menegaskan, pemerintah akan terus bekerja keras menarik investor ke IKN karena tidak ingin membebani APBN dalam membangun ibu kota baru.

Ia menyimpulkan, “IKN sangat penting bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Indonesia. Bahkan tidak hanya Indonesia yang akan merasakan dampak ekonomi dari IKN, Malaysia juga dikatakan oleh Perdana Menteri Malaysia.”

Sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mendukung Presiden Jokowi terkait investasi di IKN Nusantara. Menurutnya, ada kepentingan Sabah dan Sarawak yang harus diperjuangkan.

“Rekan-rekan di Sabah dan Sarawak mengapresiasi inisiatif ini. Kami akan mengambil pendekatan positif agar pertumbuhan jaringan IKN juga menguntungkan Sabah dan Sarawak,” kata Anwar dalam jumpa pers bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]


Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …