Tokoh perempuan kemungkinan jadi walikota Kota Makassar, bocoran pengamat alasannya

NanjombangNews – Tokoh perempuan kemungkinan jadi walikota Kota Makassar, bocoran pengamat alasannya

Sosok perempuan mendominasi survei calon walikota Makassar.

PORTALMEDIA.ID, terpatahkan – Dalam survei Insert Institute, beberapa tokoh perempuan dengan elektabilitas tinggi juga muncul sebagai calon walikota Makassar 2024.

Fatimawati Rushdi bahkan menempati urutan pertama dengan 28,38% kemampuan elektoral, mengalahkan dua laki-laki, Appi dengan 20,18% dan Deng Ical dengan 15,08%.

iklan pdam

Istri mantan Wali Kota Makassar dua periode Ilham Arif Sirajuddin, Alia Mastika Elham, memiliki jumlah pemilih 5,54%, begitu pula mantan calon Wali Kota Makassar Fazli Ananda, dan terakhir ada Ketua DPR. Partai Nasdim Sulsel Rachmatika Dewi atau lebih dikenal dengan panggilan Siko hanya unggul tipis dari Aliyah sebesar 4,43%.

Baca Juga: Angka lama mendominasi survei calon walikota Makassar Pengamat: Perubahan masih sangat mungkin terjadi

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Kantor Imigrasi, Alaeddin Makassar, Sahar Karim menilai, sosok perempuan yang sudah mengikuti pilkada belakangan ini memiliki orientasi dan tempat tersendiri di mata pemilih.

Dosen Politik UIN Alauddin Makassar mengatakan kepada Portalmedia.id, Rabu (11/1/2023), “Hal ini karena pemilih perempuan cenderung meningkat, begitu juga dengan pemilih rasional yang mencoblos karena kualitas jumlahnya juga meningkat.”

Selain itu, perjuangan para aktivis perempuan juga turut andil dalam mengungkapkan pentingnya perempuan dalam posisi pembuat kebijakan.

Baca juga: Fatmawati Rushdie Kandidat Terlama Gantikan Dani, Lembaga Survei: Masih Kontestan Lama

Namun, Syahrir mengucapkan salamnya. Hal ini masih cair dan dinamis, dan posisi para tokoh dalam Survei Sengketa Politik Wali Kota Makassar terlalu dini untuk dinilai secara keseluruhan.

Ia mencontohkan Fatemawati Rushdi yang menduduki peringkat pertama jajak pendapat karena posisinya saat ini sebagai Wakil Wali Kota Makassar.

“Fattemawati Rushdie diuntungkan dengan keadaannya saat ini, sosialisasi dan kebijakannya meraih simpati masyarakat/pemilih. Jadi wajar saja dia di nomor ini selain nama lain, tapi sekali lagi ini masih sangat dinamis,” dia berkata.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Editor Portal Media menerima skrip laporan warga. Silakan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan mengirimkan foto sesuai isi laporan yang disampaikan dalam format landscape.

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …