Sinyal Makin Kuat, Dwitunggal Mega-Jokowi Sepakat Bawa Ganjar Pranowo Berita Terkini Medan Sumut

NanjombangNews – Sinyal Makin Kuat, Dwitunggal Mega-Jokowi Sepakat Bawa Ganjar Pranowo Berita Terkini Medan Sumut

Meski tidak mendapat perlakuan khusus, pada acara HUT ke-50 PDI Perjuangan, karena posisinya duduk dan tidak diberi nasi tumpeng, penyebutan Ganjar Pranowo sebagai capres PDI Perjuangan 2024 semakin menguat.

Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan, tampak geli, berbicara selama lebih dari satu jam. Banyak hal yang ia sampaikan, mulai dari sejarah PDI Perjuangan, kesetaraan gender, dan peringatan kader, hingga tanggapannya terhadap capres yang akan diusung.

Berikut pokok-pokok pidato Megawati yang disampaikan dengan sangat santai di peringatan 50 tahun PDI Perjuangan.

  1. Kader yang tidak menaati aturan akan didepak. Pernyataan ini sudah berkali-kali disampaikan dalam acara-acara partai, baik terbuka maupun tertutup. Dia menjelaskan aturan partai harus terpatri dalam hati dan pikiran agar sesuai dengan jabatan.
  2. Ia mengajak kader untuk blusukan, dan kali ini ia meminta para kader untuk mencontoh Presiden Jokowi dalam melakukan blusukan. Cara ini diyakini sangat efektif untuk mendapatkan dan memahami masyarakat, serta menggalang dan menggaet dukungan publik terhadap PDI Perjuangan.
  3. Kader dihimbau untuk mundur jika hanya ingin berkuasa, dan pernyataan ini ditujukan kepada seluruh kader agar peka terhadap mereka yang pergi, seperti fakir miskin dan gelandangan.
  4. Menegaskan kewenangan untuk memutuskan dan memutuskan capres PDI Perjuangan, Megha menegaskan bahwa Kongres PDI Perjuangan sebagai lembaga pengambil keputusan tertinggi partai telah memberinya “hak istimewa” dalam menentukan capres PDI Perjuangan 2024.
  5. Menegaskan sikap PDI Perjuangan terkait masa jabatan presiden dua periode, pernyataan ini merupakan komitmen PDI Perjuangan terhadap konstitusi, sekaligus himbauan agar semua pihak tunduk dan patuh pada Pancasila dan UUD 1945.
  6. Menyinggung partai lain soal pengumuman capres dari kader PDI Perjuangan, pernyataan ini ditujukan kepada parpol yang “menculik” kader PDI Perjuangan untuk menjadi capres 2024.
  7. Kader perempuan PDI Perjuangan harus rela memimpin, dan pernyataan ini ditujukan kepada para pahlawan PDI Perjuangan untuk memperjuangkan kesetaraan, siap berjuang, dan memimpin di berbagai arena.
  8. Calon presiden PDI Perjuangan 2024 adalah kader, dan acuan ini terkait dengan Manifesto Bu Mega yang tujuannya agar partai politik menyiapkan kadernya menjadi pemimpin.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan:

  1. PDI Perjuangan sebagai partai merupakan pemersatu bangsa di tengah kebhinekaan, partai yang konsisten menjunjung tinggi empat pilar kebangsaan, NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.
  2. Seruan untuk mengingat Bung Karno yang menolak bergantung pada imperialisme, memperluas kerjasama yang setara dan saling menguntungkan. Itu tidak ditentukan dan bergantung pada negara merdeka mana pun.
  3. Ajakan untuk tidak mundur, tidak takut dengan negara manapun, karena Indonesia memiliki kekayaan alam. Semua kekayaan alam itu harus dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat Indonesia.
  4. Penjelasan tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke ibu kota nusantara sebagai ungkapan gagasan Bung Karno.
  5. Penjelasan Presiden Joko Widodo atas Pergwanjan capres PDI 2024 yang telah diakuisisi oleh Megawati Soekarnoputri, menjadi penegasan bahwa komunikasi Megawati dan Jokowi tentang capres 2024 berjalan dengan baik dan pasti.
  6. Apresiasi Presiden Joko Widodo atas Pidato Bo Mega Soal Calon Presiden 2024 PDI Perjuangan adalah Staf PDI Perjuangan. Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi cara Bo Mega memutuskan capres yang sangat hati-hati, benar-benar tenang dan tidak gegabah seperti yang lain.

Dari pidato-pidato Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo yang keduanya menurut Kongres Nasional Kongres Rakyat (KORNAS) adalah “Duitungal Baru” sebagai berikut:

  1. Calon presiden PDI Perjuangan adalah kader PDI Perjuangan itu sendiri, sehingga PDI Perjuangan hanya akan mencalonkan calon presiden, bukan calon wakil presiden.
  2. Calon presiden di PDI Perjuangan adalah kader yang paham dan melaksanakan ajaran Bung Karno, serta mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
  3. Calon Presiden PDI Perjuangan adalah seorang pemimpin yang sering turun untuk melihat rakyat, maka dipastikan Calon Presiden PDI Perjuangan adalah kader-kader yang sudah berpengalaman menjadi kepala daerah atau sedang menjabat.
  4. Calon presiden PDI Perjuangan harus memiliki kemampuan dan kualitas yang sama bahkan mengungguli Joko Widodo, agar mampu melanjutkan program dan meningkatkan capaian pemerintahan Presiden Joko Widodo.
  5. Calon presiden PDI Perjuangan tidak dapat diumumkan oleh partai lain sebelum diumumkan oleh PDI Perjuangan, dan ini terkait dengan etika partai politik. Satu-satunya kader PDI Perjuangan yang dideklarasikan partai lain adalah Ganjar Pranowo.

Jadi meski belum diumumkan, calon presiden PDI Perjuangan 2024 sudah diketahui dan ditetapkan, dan akan diumumkan pada waktunya.

Sotrisno Panjaripawan

Presidium Kongres Rakyat Nasional (KORNAS)

editor: tubuhku


T#g:Jangar PranowMemori PDI PerjuanganMegawati SoekarnoputriPresiden Jokowi

Check Also

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan kesinambungan keuangan haji

NanjombangNews – Biaya Haji Rp 69 Juta, Komite Haji Nasional: Peningkatan biaya untuk kemanfaatan dan …