Mantap Perempuan memainkan peran penting dalam pengembangan sektor Precraff

NanjombangNews – Perempuan memainkan peran penting dalam pengembangan sektor Precraff

Maksar (BeritaTrans.com) – Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf) Ni Wayan Jiri Adeniani mengatakan perempuan berperan penting dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Melalui sambutan daringnya pada webinar tentang kepribadian perempuan inspiratif di destinasi pariwisata Indonesia bertajuk “Perempuan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Tahun 2023” yang digelar di Kampus Politeknik dan Pariwisata Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (12/1/2023), Sesmenparekraf Giri Ia mengatakan, perempuan memiliki peran penting dalam perkembangan sektor parekraf di Indonesia.

Baca juga:
Ini adalah strategi mempromosikan pemerintah sektor Parekraf di pasar domestik dan global

“Perempuan bukan hanya sekedar pelengkap, tetapi merupakan kontributor penting bagi perkembangan destinasi wisata itu sendiri,” ujar Jerry.

Selain itu, kata Jerry, perempuan juga berpartisipasi dalam pembangunan sektor pariwisata untuk meningkatkan efektifitas pembangunan guna mencapai pembangunan yang adil dan merata.

Baca juga:
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menekankan pentingnya prinsip konservasi di destinasi wisata alam dan budaya

“Di destinasi wisata pun sering kita jumpai perpaduan perempuan dan laki-laki yang berkontribusi, kontribusi perempuan lebih banyak (untuk pengembangan sektor Precraff),” katanya.

Oleh karena itu, Jerry berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri perempuan dan mengungkapkan pentingnya kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga:
Kemenparekraf dan LKPP Bersama membuka pendaftaran katalog online layanan akomodasi dan paket pertemuan

Dengan begitu, perempuan Indonesia menyadari betapa pentingnya menjaga perjuangan masa lalu.

“Jadi kita tidak hanya bicara, tapi kita juga berpartisipasi di bidang yang menjadi keahlian kita masing-masing. Tidak hanya perempuan yang bisa membaca, tapi juga memberikan inspirasi dan literasi untuk kemajuan negeri ini,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Makassar Boltikpar, M. Arifin, bahwa sektor BariCraf saat ini dianggap sebagai leading sector yang potensinya dikembangkan secara maksimal.

“Pembangunan sangat erat kaitannya dengan keterlibatan perempuan dalam mengembangkan potensi sektor Precraff,” ujarnya.

Padahal, kata dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki banyak pejabat di tingkat pertama perempuan.

Webinar tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Parikrav/Paparkarav A. Gusti Ayu Dewi Hendriani dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Faisal.

Acara diisi dengan sesi diskusi dengan sejumlah tokoh perempuan inspiratif di destinasi pariwisata dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (untuk saya)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …