Mantap Pemkab Karawang Gandeng PHRI, Dorong Produk UMKM Masuk Hotel*

NanjombangNews – Pemkab Karawang Gandeng PHRI, Dorong Produk UMKM Masuk Hotel*

Kabupaten Karawang, Spiritnews.co.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang gencar menggerakkan para pelaku usaha untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini dikarenakan UMKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia, termasuk Kabupaten Karawang.

Kabupaten Karawang memiliki banyak pelaku usaha kecil, menengah, kecil dan menengah serta ekonomi kreatif, tentunya tidak lepas dari berbagai tantangan. Belum lagi dua tahun lalu, semua aspek ekonomi terkena dampak pandemi. Hal inilah yang kemudian mendorong pemerintah Kabupaten Karawang untuk terus berinovasi menjawab sejumlah tantangan tersebut.

Wakil Gubernur Karawang, H.M. Ip Sibuloh, bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang tidak hanya memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM. Bahkan, pihaknya tetap berkomitmen membuka jalan bagi pelaku usaha untuk memberikan akses pemasaran produknya di hotel-hotel Karawang.

“Kami ingin hotel-hotel di Karawang menggunakan produk UMKM lokal sehingga produk UMKM kami bisa terakomodasi,” kata Wakil Wali Amanat dalam rapat koordinasi Peningkatan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Hasil Kerja Produksi UMKM di Aula Lantai III bangunan. Gedung Singaperbangsa Pemerintah Kabupaten Karawang, Kamis (1/12/2023) pagi.

Menurutnya, produk UMKM penting masuk ke dalam jaringan ekosistem hotel berbintang. Hal ini bagus untuk memasarkan produk UMKM yang biasa dijual di warung biasa, namun dengan cara ini juga akan menarik perhatian para tamu hotel.

“Kalau semua jaringan hotel berbintang memberikan tempat khusus bagi UMKM, bukan tidak mungkin UKM kita ke depan akan lebih kuat, dan memiliki brand yang tidak kalah bersaing dengan brand yang sudah memiliki nama,” ujarnya.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karawang, Dinah Puji Astuti, menyambut baik keinginan Pemkab Karawang untuk mengkomersialkan produk UMKM di bidang perhotelan. Dinah bahkan menyebut sebelum pandemi, hotel-hotel yang tergabung dalam International Institute of Human Resources menyediakan ruang privat bagi UMKM Karawang.

“Sebelum pandemi memang sudah ada ya. Namun, tidak ada komitmen antara Pemkab dan PHRI. Sekarang dengan momen ini saya berharap semakin akut. Kami sangat mendukung kemajuan UMKM Karawang.”

Dinah mengatakan, dirinya berpesan kepada para pelaku UMKM untuk memperhatikan kualitas produk dan konsistensi produksi produk. Selain itu juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan hotel.

“Hal ini juga karena setiap hotel memiliki kebijakannya masing-masing. Mungkin satu hotel berbeda dengan yang lain dalam memasarkan produknya. Sehingga bisa lebih terdiversifikasi. Selama ini pengunjung hotel mendapat respon positif terhadap produk UMKM Karawang.”(ops/pak)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …