Mantap MyPertamina membantu masyarakat memastikan BBM bersubsidi tersalurkan langsung ke Target

NanjombangNews – MyPertamina membantu masyarakat memastikan BBM bersubsidi tersalurkan langsung ke Target

image_pdfprint_image

Realitarakyat.com – Anggota Komisi Pengatur Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Salih Abdul Rahman mengatakan aplikasi MyPertamina merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat agar dapat ikut memastikan BBM bersubsidi tepat sasaran.

Dan Saleh mengatakan, dalam keterangan resminya, mengutip Saleh, dalam keterangan resminya, Rabu (11/1/2023).

Diketahui mayoritas pengguna BBM bersubsidi merupakan konsumen yang rasional dengan fleksibilitas harga yang tinggi. Terbukti, berdasarkan data Kementerian Keuangan, 95 persen solar bersubsidi dinikmati orang kaya.

Untuk menghadapi konsumen dengan fleksibilitas harga, tidak hanya bisa menggunakan himbauan, kata ekonom energi Fahmy Rady, tapi juga harus ada aturan yang tegas agar masyarakat mau dan paham mengapa pengguna BBM bersubsidi harus tepat sasaran.

Harus ada regulasi yang membatasi pembelian BBM bersubsidi. Aturan-aturan ini menjadi dasar untuk mengambil tindakan jika ada pelanggaran.”

Sementara itu, tidak ada aturan yang menjelaskan siapa yang berhak menikmati BBM bersubsidi. Revisi Perpres 191 Tahun 2014, yang dimaksudkan untuk lebih menjelaskan masalah ini, belum dirilis, sehingga tidak ada aturan yang dapat mencegah orang kaya dan sehat untuk membeli BBM bersubsidi.

Selain itu, kesadaran masyarakat akan penggunaan BBM yang baik belum terbangun karena mayoritas masih melihat harga sebagai acuan. Hal ini pula yang menyebabkan BBM bersubsidi banyak digunakan oleh orang kaya.

Padahal, kebijakan BBM bersubsidi bertujuan untuk mencapai keadilan ekonomi, memenuhi kebutuhan dasar rakyat, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menurut Saleh, pemerintah tentu memiliki pertimbangan dalam menentukan kapan aturan itu akan diterbitkan.

“Misalnya dari sisi daya beli masyarakat, ekonomi yang merangkak naik dan aspek lainnya,” ujarnya.

Namun, Saleh mengatakan upaya penyaluran BBM bersubsidi ke sasaran sudah dimulai, khususnya dengan aplikasi MyPertamina. Aplikasi yang semula digunakan sebagai strategi pemasaran Pertamina untuk mengelola konsumen setia, kini digunakan untuk mengontrol pendistribusian BBM bersubsidi.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan masyarakat untuk menggunakan aplikasi tersebut.

“Pertamina telah menyiapkan aplikasi subsidi akurat khusus untuk konsumen BBM bersubsidi yang dapat diakses melalui MyPertamina atau suitepat.mypertamina.id,” ujar Saleh. (di)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …