Mantap Kadin mengatakan Indonesia perlu berinvestasi dalam transportasi laut

NanjombangNews – Kadin mengatakan Indonesia perlu berinvestasi dalam transportasi laut

Saat ini ada 80.000 kapal yang terdaftar di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komite Tetap Angkutan Laut Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nova U Mujijanto mengatakan Indonesia perlu berinvestasi di sektor angkutan laut. Investasi tersebut meliputi pembenahan kapal yang ada, pembelian kapal baru dan menambah pasar internasional.


Nova mengatakan total armada yang terdaftar di Indonesia sebanyak 80.000 kapal. Sebanyak 50 persen di antaranya adalah kapal penangkap ikan, disusul sekitar 30-40 ribu kapal niaga.


Secara umum usia kapal domestik Indonesia sudah lebih dari 15 tahun, kata Nova dalam konferensi pers BIMP-EAGA Maritime 2023 di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Makanya, dibutuhkan investasi untuk merevitalisasi kapal tua itu.


“Jadi bagaimana kita bisa memiliki armada yang lebih modern di masa depan,” ujarnya.


Meski tidak menyebut secara spesifik dana yang dibutuhkan untuk merevitalisasi atau membeli kapal baru, Nova menjelaskan dana yang dibutuhkan untuk membeli armada baru kapal niaga sebesar Rp 50-100 miliar/kapal. “Kapal asing (biayanya) lebih banyak,” imbuhnya.


Ia melanjutkan, dengan potensi maritim Indonesia yang sangat besar, transportasi laut merupakan urat nadi perekonomian negara. Sehingga melalui East ASEAN Growth Area di Brunei, Indonesia, Malaysia dan Filipina (BIMP-EAGA) yang dijadwalkan pada 21-23 Februari 2023 dapat memberikan keuntungan bagi industri logistik di Indonesia dan negara lainnya.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh B.I.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasokan Kadin Akbar Dohan menargetkan acara ini dapat menghasilkan kesepakatan bisnis yang dapat diimplementasikan untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.


“Kami meminta pemangku kepentingan dari sisi regulasi serta pelaku komersial di tingkat nasional dan internasional untuk mengaktifkan lebih banyak peserta, sehingga keberlangsungan perusahaan ini dapat nyata, berkontribusi dan dapat diimplementasikan dalam waktu singkat,” katanya.

Sumber: antara

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …