Wow Dialog “Revolusi Pengelolaan Sampah di Era Digital Menuju Bersih Sampah NTB” dan Launching ATM Bank Sampah Digital |

NanjombangNews – Dialog “Revolusi Pengelolaan Sampah di Era Digital Menuju Bersih Sampah NTB” dan Launching ATM Bank Sampah Digital |

Sumbawa Besar, Pedicancameranos.com
Putra Mahkota Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekdaprov, Ir.Dirmawan, menghadiri talkshow bertajuk “Revolusi Pengelolaan Sampah di Era Digital Menuju Sampah Bersih NTB” dan peluncuran ATM bank sampah digital, Rabu ( 01/11/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Akademi Komunitas Olat Maras Sumbawa ini dihadiri oleh Direktur AKOM, Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB dan Direktur Kemitraan PT. Mountrash Avatar Indonesia, Pemimpin Cabang Bank CB Syariah NTB Sumbawa, Pemimpin PT. Padma Ecoenergi Lestari, Ketua Perwakilan DIKBUD NTB, serta seluruh tamu undangan.

Bank sampah digital ini merupakan hasil kerjasama AKOM dengan PT. Mountainrush avatar indonesia. Bank Sampah Digital ATM merupakan social enterprise yang bergerak di bidang pengelolaan sampah masyarakat dengan konsep bank sampah master digital. Kerja sama ini rencananya akan menghasilkan 10 ATM bank sampah digital, namun saat ini baru diproduksi 5 ATM bank sampah digital.
Sistem ATM bank sampah digital mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memilah dan melestarikan sampah yang memiliki nilai ekonomi dan bertujuan untuk menjadikan lingkungan lebih lestari, memberikan manfaat ekonomi masyarakat secara langsung dan membangun budaya gotong royong antar masyarakat.

Dalam sambutannya, Putra Mahkota Sumbawa menyampaikan apresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini. Beliau mengucapkan terima kasih kepada karyawan AKOM Sumbawa yang telah memprakarsai kegiatan ini. Bupati juga berharap melalui talkshow ini, Kabupaten Sumbawa dapat menghasilkan ide dan rekomendasi yang konstruktif dalam upaya menangani dan memanfaatkan sampah.

Bank sampah merupakan salah satu konsep pengumpulan sampah yang mampu membangun partisipasi masyarakat, kata Bupati, karena bank sampah merupakan strategi untuk membangun kesadaran masyarakat agar bisa ‘berteman’ dengan sampah guna mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

“Oleh karena itu, bank sampah tidak bisa berdiri sendiri tetapi harus terintegrasi dengan gerakan 4R (reduce, use, recycle, replace) sehingga ekonomi tidak hanya merasakan manfaat langsung tetapi juga dengan membangun lingkungan yang bersih, hijau dan sehat,” jelasnya.

Bupati berharap dengan adanya ATM bank sampah ini dapat menginspirasi pendirian bank sampah lainnya di desa atau kecamatan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik. “Sehingga keberadaan anjungan tunai mandiri bank sampah nantinya menjadi tanggung jawab bersama untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin keberadaannya,” ujarnya. (c/**)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …